Apa Benar Mencabut Flashdisk Tanpa Eject Bikin Corrupt?

Umumnya, orang-orang selalu "eject" flashdisk-nya terlebih dahulu sebelum melepaskannya dari komputer. Karena mereka pikir bahwa tidak melakukan itu dapat menyebabkan flashdisk rusak.

Kemudian ada juga beberapa orang yang selalu berkata bahwa kita tidak perlu melakukan itu lagi.

Jadi, apakah bisa kita mencabut flashdisk dari komputer secara langsung atau apakah kita masih perlu melakukan "eject" terlebih dahulu?

Untuk pertanyaan diatas sendiri perlu diperjelas lagi, karena tidak disebutkan apakah komputer-nya adalah Windows, Linux atau Mac. Sayangnya, sedikit info itu diperlukan untuk menjawab pertanyaan diatas secara akurat. Oleh karena itu saya akan memberikan jawaban untuk ketiga jenis sistem operasi tersebut.

Sistem Operasi Windows

Sebelum pembaruan Musim Gugur 2018 Windows 10, pengaturan default untuk penghapusan flashdisk adalah "Kinerja Lebih Baik", yang pada dasarnya mengaktifkan sesuatu yang disebut caching tulis.

Itu berarti data yang akan ditulis ke flashdisk di-cache dan kemudian benar-benar ditulis ke flashdisk nanti. Jika kamu tidak melakukan "eject" thumb flashdisk sebelum menghapusnya, data apa pun di cache yang menunggu untuk ditulis ke flashdisk tidak akan pernah berhasil masuk ke flashdisk.

Seperti yang dapat kamu bayangkan, kegagalan untuk melakukan "eject" akan mengakibatkan hilangnya data apa pun yang menunggu untuk ditulis ke flashdisk. Dan lebih buruk lagi, itu bisa (dan sering terjadi) menyebabkan sistem file pada flashdisk menjadi rusak.

Namun, Microsoft mengubah pengaturan default dari "Kinerja Lebih Baik" menjadi "Penghapusan Cepat" (yaitu caching tulis yang dinonaktifkan untuk flashdisk) dengan merilis pembaruan Windows 10 Musim Gugur 2018.

Dan itu telah menjadi default di setiap rilis baru Windows sejak (termasuk Windows 11).

Itu berarti jika kamu menggunakan versi terbaru Windows 10 atau Windows 11, kamu tidak perlu lagi melakukan "eject" flashdisk sebelum melepaskannya/mencabutnya.

Saya akan mengakui, bahwa saya masih melakukan "eject" flashdisk milik saya, tetapi itu karena suatu kebiasaan, bukan karena ada kebutuhan yang sebenarnya untuk melakukannya.

Bagi siapa saja yang mungkin penasaran, metode paling umum untuk melakukan "eject" flashdisk di Windows adalah dengan mengklik kanan drive dari flashdisk di "File Explorer" dan kemudian mengklik "Eject".

Sistem Operasi Mac dan Linux

Baik sistem operasi Mac dan Linux telah mengaktifkan caching tulis secara default. Akibatnya, kamu bisa berakhir dengan kehilangan data dan (mungkin) drive/flashdisk yang rusak jika kamu melepas/mencabut flashdisk tanpa melakukan "eject" terlebih dahulu.

Karena itu, kamu dapat dengan mudah menonaktifkan cache tulis pada sistem operasi tersebut jika kamu mau.

Kesimpulan

Jika kamu menggunakan PC yang menjalankan versi Windows 10 yang diperbarui atau versi Windows 11 apa pun, kamu dapat dengan aman melepas/mencabut flashdisk dari PC kapan saja tanpa melakukan "eject" terlebih dahulu.

Namun, jika kamu menggunakan PC Linux atau Mac, kamu masih perlu melakukan "eject" flashdisk sebelum melepasnya/mencabutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url