Bayangan Benda

Semua benda yang terkena sinar matahari, cahaya lampu, lilin, dan sebagainya akan menghasilkan bayangan pada benda tersebut. Jatuhnya bayangan suatu benda tergantung dari mana datangnya cahaya. Jika arah datangnya cahaya dari depan maka bayangan suatu benda berada di belakang. Dan sebaliknya jika arah datangnya cahaya dari belakang maka bayangan suatu benda berada di depan. Jika arah cahaya berada di atas suatu benda, maka akan ada sedikit bayangan di sekitar benda tersebut.

Ilustrasi bayangan benda dari sinar matahari
Arah sinar matahari mempengaruhi bayangan benda yang dihasilkan.

Bayangan yang dihasilkan oleh sinar matahari, dan cahaya lampu akan memiliki bayangan yang berbeda. Perhatikan juga perbedaan waktu antara siang dan malam. Cahaya di luar dan di dalam ruangan menghasilkan bayangan yang berbeda pada suatu objek. Saya pernah mencoba menggambar di luar dan di dalam ruangan pada siang dan malam hari. Jika saya menggambar di dalam ruangan pada siang hari, maka saya lebih suka membiarkan sinar matahari masuk, karena sinar matahari sangat bagus dalam menghasilkan bayangan.

Ilustrasi bayangan benda kubus
Bentuk bayangan suatu benda bergantung pada bentuk struktur benda tersebut. Seperti kubus di sebelahnya memiliki bayangan berbentuk seperti alas persegi. Berbeda dengan bayangan ember di bawah, ia memiliki bayangan berbentuk elips.

Ilustrasi bayangan benda ember
Memanfaatkan teknik bayangan gradasi membantu kamu menaungi area terang dan gelap suatu objek, seperti objek ember ini.

Sebagai latihan, kamu dapat memulai terlebih dahulu untuk melihat dan menganalisis beberapa bayangan yang dihasilkan pada suatu objek. Perhatikan arah cahaya dan bayangan yang dihasilkan. Apakah bayangannya sangat gelap atau sebaliknya tidak terlalu gelap. Tidak semua bayangan yang dihasilkan oleh suatu objek sangat gelap, terkadang bayangan hanya terlihat redup.

Sebagai pemula, mulailah berlatih benda peneduh di pagi hari dan di ruangan yang mendapat banyak sinar matahari. Pilih berbagai benda sederhana seperti buah-buahan, gelas, botol, vas bunga, dan sebagainya. Pindahkan ke arah yang berbeda dari sinar matahari. Jadi kamu bisa melihat berbagai bayangan yang dihasilkan. Teknik arsir gradasi digunakan untuk menaungi bayangan pada objek. Pilih pensil yang sesuai dengan bayangan yang dihasilkan oleh objek. Mengarsir bayangan akan membuat objek tampak lebih hidup dan volume objek tampak.

Ilustrasi bayangan bawang
Saya menggambar komposisi bawang dengan mengambil arah sinar matahari di belakang. Sehingga bayangan berada di depan benda. Saya mengarsir bayangan dengan pensil 2B.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url