Contoh Program Lingkaran Pada C++ Dengan Menggunakan Metode Prosedur

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat program lingkaran yang memiliki dua prosedur, yaitu prosedur untuk mencari luas lingkaran dan prosedur untuk menghitung keliling lingkaran.

Pertama-tama, mari kita buat struktur program dasar C++ terlebih dahulu. Pada program C++, terdapat beberapa bagian yang harus ada, yaitu preprocessor directive, deklarasi variabel, prototipe fungsi, dan blok utama program. Berikut ini adalah contoh program dasar C++ yang sudah disertai dengan preprocessor directive dan deklarasi variabel :

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
   // Blok utama program
   return 0;
}

Sekarang, mari kita tambahkan prototipe fungsi yang akan digunakan pada program ini, yaitu fungsi untuk mencari luas lingkaran dan fungsi untuk menghitung keliling lingkaran. Prototipe fungsi adalah sebuah deklarasi fungsi yang hanya menyatakan nama fungsi, tipe data kembalian, dan parameter-parameter yang dibutuhkan oleh fungsi tersebut. Berikut ini adalah contoh penambahan prototipe fungsi pada program di atas :

#include <iostream>
using namespace std;

// Prototipe fungsi
double hitungLuasLingkaran(double r);
double hitungKelilingLingkaran(double r);

int main()
{
   // Blok utama program
   return 0;
}

Sekarang, mari kita buat fungsi-fungsi tersebut dengan menambahkan blok kode pada bagian di bawah prototipe fungsi. Fungsi hitungLuasLingkaran akan menerima sebuah parameter bernama r, yang merupakan jari-jari dari lingkaran tersebut. Fungsi ini akan menghitung luas lingkaran dengan menggunakan rumus :

luas = πr^2

Sedangkan fungsi hitungKelilingLingkaran juga akan menerima sebuah parameter bernama r, yang merupakan jari-jari dari lingkaran tersebut. Fungsi ini akan menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan rumus :

keliling = 2πr

Selanjutnya, kita akan menambahkan blok utama program yang akan memanggil kedua fungsi tersebut dan menampilkan hasilnya ke layar. Pertama-tama, mari kita deklarasikan variabel yang akan digunakan, yaitu jari-jari lingkaran yang akan kita hitung luas dan kelilingnya. Kemudian, kita dapat memanggil kedua fungsi tersebut dengan menggunakan nama fungsi dan mengirimkan parameter yang diperlukan. Setelah itu, kita dapat menampilkan hasil dari masing-masing fungsi dengan menggunakan perintah cout. Berikut ini adalah contoh implementasi blok utama program yang memanggil kedua fungsi tersebut :

#include <iostream>
#include <cmath>
using namespace std;

// Prototipe fungsi
double hitungLuasLingkaran(double r);
double hitungKelilingLingkaran(double r);

int main()
{
   // Deklarasi variabel
   double jari_jari;

   // Input jari-jari lingkaran dari user
   cout << "Masukkan jari-jari lingkaran: ";
   cin >> jari_jari;

   // Hitung luas dan keliling lingkaran
   double luas = hitungLuasLingkaran(jari_jari);
   double keliling = hitungKelilingLingkaran(jari_jari);

   // Tampilkan hasil
   cout << "Luas lingkaran: " << luas << endl;
   cout << "Keliling lingkaran: " << keliling << endl;

   return 0;
}

// Fungsi untuk menghitung luas lingkaran
double hitungLuasLingkaran(double r)
{
   return M_PI * pow(r, 2);
}

// Fungsi untuk menghitung keliling lingkaran
double hitungKelilingLingkaran(double r)
{
   return 2 * M_PI * r;
}

Tampilan program saat dijalankan

Itulah contoh program lingkaran pada bahasa pemrograman C++ yang memiliki dua prosedur untuk mencari luas dan keliling lingkaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar pemrograman C++. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url