Menjaga Laptop Agar Tetap Awet

Laptop saat ini menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, baik untuk keperluan pekerjaan maupun hiburan. Namun, bagaimana cara menjaga laptop agar tetap awet dan tidak cepat rusak?

Untuk merawat laptop yang baik, kamu harus mengetahui beberapa tips agar laptop yang kamu miliki bisa awet sampai bertahun-tahun. Meskipun merawat laptop tidak se-sulit merawat komputer, laptop jauh lebih sensitif jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, jika kamu dapat mencegah kerusakan pada laptop, maka itu akan lebih baik daripada harus menunggu sampai rusak baru mengobatinya. Jadi, sebaiknya jaga laptop kamu dengan baik agar tidak perlu banyak biaya untuk perawatannya.

Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga laptop kamu agar tetap awet dan tahan lama. Simak tips berikut ini :

1. Lakukan pembersihan laptop dari debu secara teratur dan berkala untuk menjaga agar tetap bersih dan bekerja dengan baik

Ini adalah langkah pertama yang harus kamu ambil, meskipun mungkin tampak sepele. Membersihkan debu dari laptop adalah cara yang baik untuk menjaga agar tetap awet. Selain untuk alasan kebersihan, membersihkan debu dari laptop juga dapat mencegah penyumbatan kipas pembuangan akibat debu.

2. Jangan meletakkan barang berat di atas laptop

Meletakkan barang berat seperti buku atau sejenisnya di atas laptop dapat membuat layar LCD rusak. Walaupun tidak langsung terjadi kerusakan, namun jika hal ini terus dilakukan, layar LCD akan rusak secara perlahan. Sebagai contoh, saya pernah mengalami kejadian seperti itu, dimana awalnya laptop tampak normal, namun kemudian muncul garis-garis seperti TV yang tidak dapat menerima sinyal ketika saya menggerakan layar LCD laptop. Oleh karena itu, hindari meletakkan benda berat di atas laptop untuk menjaga agar tetap awet.

3. Jangan meletakkan laptop di atas permukaan yang lembut seperti kasur atau bantal

Ketika laptop dalam keadaan menyala, panas akan terus dihasilkan oleh processor, harddisk, dan komponen lainnya di dalam body laptop. Ini adalah hal yang wajar, namun laptop harus dapat membuang panas yang dihasilkan keluar agar tidak menyebabkan overheating. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu tidak meletakkan laptop di atas permukaan yang lembut seperti kasur atau bantal, karena dapat menghambat proses pendinginan laptop.

4. Hindari agar laptop kamu tidak terpapar getaran atau alat elektromagnetik lainnya

Sebaiknya hindari agar laptop kamu tidak terpapar getaran atau alat elektromagnetik lainnya seperti loudspeaker, handphone, atau apapun yang dapat menghasilkan getaran yang kuat, karena hal ini dapat merusak komponen elektronik di dalam laptop kamu.

5. Pastikan untuk memperhatikan suhu ruangan tempat kamu menggunakan laptop

Ini hampir sama dengan poin nomor 3. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop kamu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan suhu ruangan tempat kamu menggunakan laptop. Jika suhu terlalu panas dan kamu menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama, cobalah untuk menggunakan cooling pad untuk membantu menurunkan suhu laptop kamu.

6. Jangan mencoba memperbaiki laptop sendiri jika mengalami masalah

Jika laptop kamu mengalami masalah, jangan pernah berpikir untuk memperbaikinya sendiri. Terutama jika kamu tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya. Sebaiknya, bawa ke tukang service atau teknisi profesional untuk memperbaikinya agar dapat diperbaiki dengan benar.

7. Pastikan untuk meletakkan laptop kamu di permukaan yang datar

Usahakan untuk meletakkan laptop kamu di permukaan yang datar ketika menggunakannya. Hal ini dikarenakan ketika laptop dalam kondisi menyala, piringan harddisk akan berputar. Jika laptop diletakkan pada sudut kemiringan tertentu, head harddisk dapat menggores piringan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan banyaknya badsector pada harddisk kamu, sehingga mengurangi kinerja dan daya tahan laptop kamu.

8. Hindari laptop kamu dari kontak dengan benda cair

Hindari agar laptop kamu tidak terkena benda cair, karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik di dalamnya. Ini tidak hanya berlaku untuk laptop, namun juga semua barang elektronik lainnya. Hal ini dikarenakan benda cair dapat menyebabkan korsleting listrik yang dapat merusak perangkat tersebut.

9. Selalu gunakan battery laptop kamu ketika menggunakannya

Ini merupakan kejadian yang sering terjadi pada sebagian besar pengguna laptop. Ada beberapa dari kamu yang mungkin telah melepas battery laptop saat sedang menggunakan charger atau daya listrik. Hal ini sangat berisiko, karena jika terjadi padamnya listrik di rumah kamu, maka laptop akan langsung mati dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen laptop, terutama harddisk dan mainboard.

10. Tutup aplikasi yang sudah selesai atau hapus jika sudah tidak digunakan

Menghemat penggunaan sumber daya laptop dan mempercepat kinerja dengan cara menutup aplikasi yang sudah selesai digunakan atau menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

11. Berhati-hati dengan website yang dibuka atau file yang diunduh

Menjaga keamanan laptop dan menghindari ancaman malware atau virus dengan berhati-hati dalam membuka website atau mengunduh file dari internet.

12. Hapus isi dari recyleBin

Menghapus isi dari Recycle Bin dapat membantu menghemat ruang penyimpanan pada laptop kamu. Selain itu, menghapus file yang tidak diinginkan dari Recycle Bin juga dapat membantu meningkatkan kinerja laptop dan menghindari risiko pencurian data.

13. Tambahkan RAM jika menggunakan aplikasi yang berat

Menambahkan RAM pada laptop dapat membantu meningkatkan kinerja laptop ketika menjalankan aplikasi yang berat. RAM memungkinkan laptop kamu untuk menyimpan data sementara yang diperlukan oleh aplikasi, sehingga mengurangi beban pada hard drive dan mempercepat kinerja aplikasi yang sedang berjalan. Jadi, menambahkan RAM pada laptop dapat membantu meningkatkan kinerja laptop ketika menggunakan aplikasi yang berat.

Dalam artikel ini, saya telah membahas beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga laptop kamu agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Mulai dari menjaga kebersihan laptop kamu, menghindari meletakkan benda berat di atas laptop, menjaga suhu ruangan tempat kamu menggunakan laptop, hingga menghindari laptop dari getaran dan alat elektromagnetik lainnya. Selain itu, penting untuk selalu menutup aplikasi yang sudah selesai digunakan, menghapus file yang tidak diperlukan dari Recycle Bin, dan menambahkan RAM jika kamu sering menggunakan aplikasi yang berat. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana ini, kamu dapat memastikan bahwa laptop kamu dapat bertahan lebih lama dan tetap berfungsi dengan baik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url