Tips Agar Mouse Tidak Cepat Rusak

Dalam era yang semakin maju ini, teknologi terus menciptakan teknologi terbaru seperti komputer dan laptop yang dilengkapi dengan fitur canggih seperti touchpad dan layar sentuh. Meskipun touchpad dan layar sentuh pada perangkat komputer selalu diperbarui, banyak orang masih memilih untuk menggunakan mouse karena lebih praktis dan fleksibel. Mouse sangat membantu dalam mengerjakan banyak hal mulai dari mengetik, mengedit, mendesain hingga bermain game.

Meskipun banyak orang menggunakan mouse, tidak banyak yang tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar sehingga mudah rusak dan tidak bertahan lama. Jadi, agar mouse komputer kamu tidak mudah rusak dan bertahan lama, kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang pasti ampuh. Jadi, jika kamu ingin mouse kamu bertahan lama dan tidak mudah rusak, simak tipsnya sampai selesai.

1. Jangan Menekannya Terlalu Kasar

Kebiasaan ini biasanya terlihat pada beberapa pengguna komputer, terutama para gamer yang sering terlalu semangat dalam menggunakannya. Hal ini dapat menyebabkan mereka menekan keyboard dengan cukup kuat dan kasar.

Untuk menghindari kerusakan pada mouse komputer, hindari tekanan yang terlalu keras pada tombol-tombol yang ada di sana. Jika kamu sering melakukan hal ini, tombol pada mouse bisa cepat rusak dan tertelan ke dalam. Agar mouse komputer kamu bisa lebih tahan lama, hindari melakukan hal ini secara terus-menerus.

2. Gunakan Alas/Mouse Pad

Agar mouse komputer dapat berfungsi dengan baik, penting untuk menempatkannya di atas permukaan yang datar. Ini akan memudahkan kamu dalam menggunakannya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan alas atau mouse pad. Ini akan membantu menjaga mouse bersih serta membuat sensor di dalamnya bekerja dengan lebih lancar.

3. Jangan Terlalu Sering Melepas Pasang Colokan USB

Jika kamu menggunakan tipe mouse yang masih menggunakan kabel, disarankan untuk tidak terlalu sering melepas colokan USB. Sering melepas dan memasang colokan USB dapat merusak bagian kabel, khususnya bagian port-nya. Oleh karena itu, hindari melakukan hal ini secara terus-menerus.

4. Gulung Kabel Dengan Baik Saat Menyimpan Mouse

Jika kamu pengguna laptop, penting untuk menggulung kabel mouse dengan cara yang baik ketika akan menyimpannya. Jangan melakukannya secara asal-asalan, karena hal ini dapat merusak kabel mouse. Dengan menggulung kabel dengan cara yang benar, kamu dapat menjaga agar kabel tetap aman dan tidak rusak.

Jika kamu menggulung kabel mouse secara asal-asalan, ini dapat menyebabkan mouse tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini biasanya disebabkan oleh kabel di bagian dalam yang terputus akibat salah menggulung kabel. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk menggulung kabel dengan cara yang benar agar mouse dapat berfungsi dengan baik.

5. Rajin Bersihkan Optik Mouse

Mouse produk terbaru sudah tidak lagi menggunakan bola sebagai sensor geraknya. Sebagai gantinya, sensor optik yang menjadi komponen penggerak pointer mouse. Ini membuat mouse lebih responsif dan mudah digunakan.

Karena sensor optik menjadi komponen utama penggerak pointer mouse, bahkan kotoran sekecil apapun yang terdapat pada sistem optik akan mempengaruhi kinerja mouse. Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek dan membersihkan bagian tersebut untuk menjaga kinerja mouse tetap optimal.

Kesimpulan

Sebagai penutup, kita dapat menyimpulkan bahwa mouse komputer adalah perangkat yang sangat bermanfaat dalam mengerjakan banyak hal. Namun, untuk memastikan mouse komputer kamu bertahan lama dan tidak mudah rusak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, hindari menekan tombol-tombol pada mouse dengan terlalu kasar. Kedua, gunakan alas atau mouse pad agar sensor mouse bekerja dengan lebih lancar. Ketiga, jangan terlalu sering melepas colokan USB jika kamu menggunakan tipe mouse yang menggunakan kabel. Keempat, gulung kabel dengan benar saat menyimpan mouse. Dan terakhir, hindari menjatuhkan mouse komputer. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, mouse komputer kamu akan bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat dan terima kasih...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url