Tutorial Menambahkan Input dan Output pada Python

Pada bagian ini, kamu akan memahami cara memproses input dan output, termasuk cara meminta input dari pengguna, menyimpan nilai pada variabel, dan menampilkan nilai pada layar.

Setelah mempelajari tipe data, selanjutnya kamu akan mempelajari tentang variabel. Variabel merupakan lokasi di memori komputer yang digunakan untuk menyimpan nilai dengan tipe data yang telah ditentukan.

Untuk menetapkan nilai pada variabel, kita menggunakan operator "=" dengan menuliskan nama variabel di sebelah kiri operator dan nilai yang ingin disimpan di sebelah kanan.

Sebagai contoh: x = 1 

Ini berarti kita akan menyimpan nilai 1 (tipe integer) pada variabel x.

Output

Print

Seperti yang telah ditunjukkan dalam contoh kode sebelumnya, fungsi print() adalah cara yang digunakan untuk menampilkan output secara langsung ke konsol atau layar.

print("Hello, World!")

Hasil :

Hello, World!

Menambahkan nilai variabel ke dalam string

Python memiliki dua cara untuk menambahkan nilai variabel ke dalam string. Cara pertama adalah dengan menggabungkan langsung variabel pada pernyataan print().

a = 5

print('The value of a is', a)

Hasil :

The value of a is 5

Untuk menampilkan teks (string), kamu dapat menggunakan mekanisme format string. Sebagai contoh:

print('hello {}'.format('CODEin'))

Cara kedua mirip dengan sintaks C/C++, yaitu dengan menggunakan operator "%" yang ditambahkan dengan "pengatur spesifikasi argument", seperti "%s" dan "%d". Sebagai contoh, jika kamu ingin menambahkan nama kamu pada string hello:

name = "CODEin"

print("Hello, %s!" % name)

Hasil :

Hello, CODEin

Contoh penggabungan string dan integer:

name = "CODEin"

age = 46

print("%s is %d years old." % (name, age))

Hasil :

CODEin is 46 years old.

Contoh penambahan objek selain string (yang akan dikonversi secara otomatis) :

mylist = [1,2,3]

print("A list: %s" % mylist)

Hasil :

A list: [1, 2, 3]

Beberapa pengatur spesifikasi argument yang umum digunakan :

%s - String

%d - Integers

%f - Bilangan Pecahan

%.<digit>f - Bilangan pecahan dengan sejumlah digit angka dibelakang koma.

%x/%X - Bilangan bulat dalam representasi Hexa (huruf kecil/huruf besar)

Contoh menampilkan representasi Hexa (angka dengan basis 16) :

a, b = 10, 11

a, b

print('a: %x and b: %X' % (a, b))

Hasil :

(10, 11)
a: a and b: B

Referensi yang dapat kamu pelajari:

https://docs.python.org/id/3.8/library/string.html#format-specification-mini-language

Input

input()

Untuk memungkinkan pengguna memberikan input pada program kamu, gunakan fungsi input(). Argumen yang terdapat dalam kurung () adalah teks yang ingin ditampilkan sebagai prompt, sedangkan variabel sebelum tanda sama dengan (=) akan menyimpan hasil input dari pengguna :

num = input('Enter a number: ')

Hasil :

Enter a number: 10
num

Hasil :

10

Secara default, input dari pengguna adalah string (meskipun pada contoh di atas, 10 sebenarnya dimaksudkan sebagai integer) yang ditandai dengan tanda petik. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan fungsi konversi yang akan dibahas pada modul-modul selanjutnya, seperti int() dan float(), untuk mengubah tipe data input tersebut.

int(num)

Hasil :

10
float(num)

Hasil :

10.0

Jika input merupakan string yang berisi ekspresi matematika, maka konversi dengan int() atau float() akan menghasilkan error. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan fungsi eval() yang sekaligus juga berfungsi untuk menyelesaikan ekspresi matematika tersebut. Kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang fungsi-fungsi ini pada artikel Fungsi.

int('2+3')

Hasil :

Traceback (most recent call last):
File “”, line 301, in runcode
File “”, line 1, in
ValueError: invalid literal for int() with base 10: ‘2+3
eval('2+3')

Hasil :

5

Command-line arguments

Python memungkinkan kamu untuk membuat sekumpulan kode program yang disimpan dalam sebuah berkas dengan nama akhiran .py (misalnya: skrip.py). Ini disebut sebagai 'skrip' di Python.

Berkas ini dapat dijalankan sebagai skrip di konsol atau command prompt, serta dapat menerima parameter tambahan saat dijalankan.

$ python test.py arg1 arg2 arg3

Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan module sys yang telah disertakan secara default pada Python. Untuk menggunakan module tersebut, jangan lupa untuk melakukan import terlebih dahulu:

import sys

Fungsi utama yang akan digunakan adalah sys.argv yang menyimpan seluruh argumen yang diterima. Kamu juga dapat menggunakan len(sys.argv) untuk mengetahui banyaknya argumen yang disimpan.

Sebagai contoh, sebuah berkas test.py yang akan menambahkan tiga argumen:

import sys

print('Number of arguments:', len(sys.argv), 'arguments.')

print('Argument List:', str(sys.argv))

print(sys.argv[1])

Jalankan pada konsol/terminal/command prompt:

$ python test.py arg1 arg2 arg3

Hasil :

Number of arguments: 4 arguments.
Argument List: [‘test.py’, ‘arg1’, ‘arg2’, ‘arg3’]
arg1

Dengan demikian, artikel "Tutorial Menambahkan Input dan Output pada Python" memberikan panduan bagi pemula yang ingin mempelajari cara menambahkan input dan output pada program Python. Melalui penjelasan yang disajikan, pembaca diharapkan dapat memahami cara menggunakan fungsi input() dan print() serta cara menambahkan nilai variabel ke dalam string dengan menggunakan mekanisme format string atau operator "%". Selain itu, pembaca juga dapat mempelajari cara mengonversi tipe data input dari pengguna serta menggunakan module sys untuk memproses argumen yang diterima saat menjalankan skrip. Dengan demikian, pembaca dapat membuat program Python yang dapat menerima input dari pengguna dan menampilkan output sesuai dengan yang diinginkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url