Menampilkan Tahun Otomatis Dengan Javascript

Menampilkan tahun secara otomatis di halaman web merupakan fitur yang sering digunakan pada bagian "copyright" atau halaman "tentang kami". Dengan menampilkan tahun secara otomatis, kamu tidak perlu mengupdate tahun secara manual setiap tahun.

Untuk menampilkan tahun otomatis di halaman web kamu, kamu bisa menggunakan JavaScript. Berikut ini adalah cara sederhana untuk menampilkan tahun otomatis dengan JavaScript :

Menggunakan "new Date().getFullYear()"

Kamu bisa menggunakan perintah "new Date().getFullYear()" untuk mendapatkan tahun saat ini menggunakan format 4 digit (misalnya 2023). Perintah tersebut dapat ditulis di dalam elemen "<script>" atau di dalam file JavaScript terpisah :

<script>
  console.log(new Date().getFullYear());
</script>

Menggunakan "+new Date().getFullYear()"

Jika kamu ingin mengeluarkan tahun dalam bentuk integer, kamu bisa menggunakan tanda "+" di depan perintah "new Date().getFullYear()" untuk mengkonversi hasilnya menjadi integer :

<script>
  console.log(+new Date().getFullYear());
</script>

Menggunakan "document.write()"

Kamu juga bisa menggunakan perintah "document.write()" untuk menampilkan tahun saat ini di halaman web kamu :

<script>
  document.write(new Date().getFullYear());
</script>

Menggunakan "innerHTML"

Kamu juga bisa menggunakan properti "innerHTML" untuk menampilkan tahun saat ini di halaman web kamu. Caranya adalah dengan memberi ID pada elemen HTML yang ingin kamu tampilkan tahunnya, kemudian mengisi properti "innerHTML" dengan perintah "new Date().getFullYear()" :

<script>
  document.getElementById("tahun").innerHTML = new Date().getFullYear();
</script>

<p>Copyright &copy; <span id="tahun"></span></p>

Menggunakan "textContent"

Kamu juga bisa menggunakan properti "textContent" untuk menampilkan tahun saat ini di halaman web kamu. Caranya adalah dengan memberi ID pada elemen HTML yang ingin kamu tampilkan tahunnya, kemudian mengisi properti "textContent" dengan perintah "new Date().getFullYear()" :

<script>
  document.getElementById("tahun").textContent = new Date().getFullYear();
</script>

<p>Copyright &copy; <span id="tahun"></span></p>

Menggunakan "innerText"

Sama seperti "innerHTML" dan "textContent", kamu juga bisa menggunakan properti "innerText" untuk menampilkan tahun saat ini di halaman web kamu. Caranya adalah dengan memberi ID pada elemen HTML yang ingin kamu tampilkan tahunnya, kemudian mengisi properti "innerText" dengan perintah "new Date().getFullYear()" :

<script>
  document.getElementById("tahun").innerText = new Date().getFullYear();
</script>

<p>Copyright &copy; <span id="tahun"></span></p>

Penutup

Dengan menggunakan JavaScript, kamu bisa dengan mudah menampilkan tahun otomatis di halaman web kamu. Tentu saja, ada banyak cara lain untuk menampilkan tahun otomatis di halaman web, seperti menggunakan library atau framework seperti jQuery, AngularJS, atau Vue.js. Namun, dengan menggunakan JavaScript native, kamu bisa membuat solusi yang sederhana dan cepat tanpa harus memasukkan library atau framework tambahan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url