Dukungan dan Penguatan dalam Siklus Penambangan

Jaring yang paling umum digunakan mungkin adalah jaring las yang terbuat dari kawat baja setebal 5 mm dan memiliki bukaan persegi 100 mm. Kawat baja mungkin digalvanis atau tidak. Alternatifnya adalah mesh jalinan yang dikenal sebagai chain link mesh.

Kesulitan ini sekarang telah diatasi dengan kekuatan tinggi, rantai mata rantai ringan dengan bukaan 100 mm yang mudah ditangani dan dapat dibuat agar sesuai dengan permukaan batu yang tidak rata lebih mudah daripada jaring las.

Kerugian dari mesh rantai tradisional dibandingkan dengan mesh las adalah sulitnya menerapkan shotcrete dengan sukses melalui bukaan yang lebih kecil yang tersedia.

Fitur mesh ini adalah fakta bahwa persimpangan kabel yang membentuk kotak di mesh dipelintir daripada hanya dihubungkan atau dilas. Roth dkk. (2004) menjelaskan pengujian statis dan dinamis pada mesh ini.

Jala jenis ini berhasil digunakan di Tambang Neves Corvo, Portugal, di mana jaring ini sangat berhasil dalam merehabilitasi galian yang rusak. Li dkk.

(2004) melaporkan bahwa jala ini sedang diujicobakan oleh St Ives Gold, Australia Barat. Tyler & Werner (2004) mengacu pada uji coba baru-baru ini di sublevel cross-cuts di Tambang Ketekunan, Australia Barat, dengan menggunakan mata rantai rantai kekuatan tinggi buatan Australia yang serupa. Dapat dipahami bahwa metode pemasangan mekanis yang memuaskan belum dikembangkan.

Dalam simposium ini, Hadjigeorgiou dkk. (2004) dan Van Heerden (2004) membahas penggunaan lapisan semen untuk mendukung, melindungi dan meningkatkan kinerja operasional lintasan bijih di tambang logam. Salah satu manfaat dari liner semen adalah perlindungan korosi yang mereka berikan pada elemen penguat. Kedua makalah menekankan perlunya mempertimbangkan dukungan dan penguatan lintasan bijih berdasarkan efektivitas biaya dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk merehabilitasi atau mengganti lintasan yang gagal. Penulis memiliki pengalaman harus merekomendasikan pengisian dengan beton dan pengeboran ulang lintasan bijih kritis yang telah runtuh pada bagian panjangnya.

Meskipun penggunaannya dirujuk pada simposium 1999, telah ada perkembangan signifikan dalam penggunaan tipis, non-semen, spray-on liners (TSLs) sejak saat itu (misalnya Spearing & Hague 2003). Produk berbasis polimer ini diaplikasikan dalam lapisan dengan ketebalan biasanya 6 mm atau kurang, sebagian besar sebagai pengganti mesh atau shotcrete. Stacey & Yu (2004) mengeksplorasi mekanisme pendukung batuan yang disediakan oleh liner yang disemprotkan.

Pengalaman penulis di Tambang Neves Corvo, Portugal, adalah bahwa TSL berguna dalam memberikan dukungan langsung untuk mencegah kerusakan massa batuan dan penguraian dalam keadaan khusus (Gambar 2), tetapi mereka belum menyediakan pengganti yang hemat biaya untuk shotcrete di sebagian besar aplikasi pendukung utama. Dalam beberapa keadaan, mereka dapat diterapkan lebih cepat daripada shotcrete dan dapat digunakan untuk memberikan dukungan langsung yang efektif ketika tingkat kemajuan yang cepat diperlukan. Baru-baru ini, Archibald & Katsabanis (2004) telah melaporkan keefektifan TSL di bawah kondisi ledakan batu yang disimulasikan.

Mengatasi keterbatasan dan biaya yang terkait dengan sifat siklus operasi penambangan logam bawah tanah telah lama menjadi salah satu impian para penambang. Penambangan berkelanjutan yang lebih dekat dapat dicapai dalam terowongan teknik sipil dan pertambangan batu bara longwall daripada di pertambangan batuan keras bawah tanah. Perkembangan sistem penambangan logam bawah tanah yang lebih berkelanjutan saat ini terutama terkait, tetapi tidak hanya, dengan gua dan metode penambangan massal lainnya (Brown 2004, Paraszczak & Planeta 2004).

Beberapa makalah untuk simposium ini menjelaskan perkembangan yang, meskipun tidak meniadakan kebutuhan untuk operasi beban-dukungan skala-ledakan-ledakan-siklus, akan meningkatkan kemampuan untuk menskalakan dan memberikan dukungan dan penguatan segera pada batuan yang baru diledakkan. Jenkins dkk.

(2004) menjelaskan uji coba di seluruh tambang dengan hydro-scaling dan in-cycle shotcreting untuk menggantikan penskalaan jumbo konvensional, penyambungan dan perbautan di tambang Waroonga milik Agnew Gold Mining Company, Australia Barat.

Neindorf (2004) juga mengacu pada kemungkinan menggabungkan hydro-scaling dengan shotcreting untuk mengembangkan pendekatan baru untuk dukungan tanah terus menerus dalam siklus pembangunan di Gunung Isa. Perkembangan ini merupakan bagian dari perbaikan berkelanjutan yang terbukti dalam praktik dukungan dan penguatan di pertambangan bawah tanah.

Sebagaimana dicatat pada simposium 1999, meskipun pengurukan telah digunakan untuk mengontrol perpindahan di sekitar dan di atas penggalian pertambangan bawah tanah selama lebih dari 100 tahun, dorongan besar untuk pengembangan teknologi pengisi datang dengan munculnya “era potong-dan-isi”. pada 1950-an dan 60-an (Brown 1999a).

Juga dicatat bahwa isian tidak menonjol dalam makalah yang disajikan pada simposium itu. Beberapa tahun sebelumnya, isian pasta yang terbuat dari tailing pabrik dan semen dan/atau bahan pengikat lainnya, telah dikembangkan di Kanada (Landriault 2001). Sejak saat itu, penggunaan dan pemahaman tentang isian pasta telah meningkat secara dramatis, sehingga Belem dkk. (2004b) menyarankan bahwa itu "menjadi praktik standar di industri pertambangan di seluruh dunia".

Isi pasta semen sekarang digunakan dengan berbagai metode penambangan termasuk sublevel open stoping, cut-and-fill dan bench-and-fill. Dalam beberapa aplikasi, dinding pengisi pasta vertikal yang tidak didukung dari stopes primer perlu tetap stabil sementara penghentian sekunder selesai. Secara umum dengan Landriault (2001) dan Belem dkk. (2004a), penulis telah berhasil menggunakan metode desain yang diusulkan oleh Mitchell (1983). Persyaratan khusus dalam beberapa aplikasi adalah memasukkan cukup semen untuk mencegah pencairan pasta setelah penempatan (Been dkk. 2002).

Dalam dua makalah simposium ini, Belem dkk. (2004 a, b) membahas berbagai aspek fundamental dan terapan dari penggunaan urugan pasta semen pada penambangan cut-and-fill secara umum, dan pada longhole open stoping di La Mine Doyen, Kanada. Varden & Henderson (2004) membahas penggunaan timbunan batu semen yang lebih tradisional untuk mengisi lubang bekas penambangan bawah tanah di Tambang Sons of Gwalia, Australia Barat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url