10 Platform yang Bisa Kamu Gunakan untuk Promosi Blog

Sebagai seorang blogger, mempromosikan dan mengarahkan lalu lintas ke blog yang kita miliki tidak mudah. Terkadang bisa terasa seperti sedang berbicara dalam kehampaan. Kita semua pernah ke sana.

Namun, ada hampir 4,5 miliar pengguna internet aktif. Mendapatkan pembaca blog adalah tentang mempromosikan konten kamu kepada orang yang tepat di tempat dan waktu yang tepat.

Jadi, bagaimana kamu bisa melakukannya? Untuk memulai, kamu harus menganekaragamkan strategi promosi blog kamu, sehingga kamu bisa mendapatkan lalu lintas dari beberapa sumber. Kamu dapat menghasilkan lalu lintas melalui agregator konten, postingan media sosial, bookmark sosial, atau situs berbagi timbal balik.

Ada banyak sekali platform ataupun cara untuk mempromosikan blog kita, namun untuk pembahasan artikel kali ini saya merekomendasikan 10 platform yang bisa kamu gunakan untuk promosi blog.

Di bawah ini, mari kita tinjau platform untuk promosi blog teratas yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan lalu lintas :

1. Medium

Medium adalah platform penerbitan online tempat kamu dapat memposting blog kamu. Ini adalah salah satu platform blog paling populer karena situs ini memiliki hampir 100 juta pengunjung per bulan.

Biasanya, Medium digunakan untuk konten kepemimpinan pemikiran. Selain itu, banyak penulis lepas memposting blog mereka di situs ini.

Jika kamu ingin memposting blog kamu, kamu dapat memublikasikan blog kamu di platform ini tanpa mengganggu SEO kamu.

Blog kamu harus memenuhi standar Medium, jika sudah memenuhinya, itu dapat dikuratori dan direkomendasikan melalui halaman beranda Medium.

Saat kamu mempublikasikan blog di Medium, pastikan kamu memperhatikan tag pada postingan kamu. Karena pengguna dapat memilih untuk mengikuti tag, ini akan membantu postingan kamu ditemukan.

Konten juga dapat direkomendasikan dan dibagikan di platform. Semoga pembaca akan mulai terlibat dengan konten kamu dan mendatangkan lebih banyak pembaca.

2. Pocket

Pocket adalah platform bookmark sosial tempat pengguna dapat menyimpan blog, video, atau cerita dari publikasi atau halaman web apa pun. Jika pengguna membaca blog kamu, mereka dapat mengklik tombol Pocket untuk menyimpannya ke daftar mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan lalu lintas lanjutan ke blog kamu.

Sebagai contoh, katakanlah pengunjung di blog kamu menikmati konten dan ingin kembali lagi nanti. Mungkin blog kamu tentang SEO YouTube dan mereka ingin menggunakannya sebagai daftar periksa setiap kali mereka mengunggah video.

Dengan Pocket, mereka bisa melakukan itu. Selain itu, ini membantu mereka berbagi konten kamu dengan orang lain. Itu sebabnya kamu harus mempertimbangkan untuk menambahkan tombol Pocket ke blog kamu.

3. Quuu Promote

Quuu Promote adalah platform promosi blog yang dirancang untuk meningkatkan lalu lintas dan keterlibatan pada postingan blog kamu. Ini juga dapat membantu mendapatkan sebutan sosial yang dapat meningkatkan SEO organik.

Jadi, bagaimana cara kerjanya? Ketika kamu mulai menggunakan Quuu Promote, kamu dapat memilih untuk mempromosikan postingan blog tertentu dengan menyalin dan menempelkan URL.

Kemudian, situs akan membagikan konten kamu di media sosial dengan orang-orang nyata di niche kamu. Meskipun kamu perlu membayar untuk setiap promosi, situs ini dapat mengurangi biaya iklan media sosial secara keseluruhan.

Ini bekerja dengan mendapatkan pengguna nyata untuk mempromosikan konten kamu kepada orang-orang nyata. Saat kamu mempromosikan blog, kamu memilih kategori penargetan, sehingga situs akan mempromosikannya kepada orang yang tepat.

4. Pinterest

Seperti yang kita ketahui, media sosial adalah salah satu tempat teratas, kamu harus mempromosikan postingan blog kamu. Pinterest adalah tempat yang bagus untuk memulai. Kristen Baker, seorang manajer pemasaran di HubSpot, mengatakan "Dengan lebih dari 250 juta orang di Pinterest, mengapa pemasar tidak ingin berada di platform? Belum lagi 90% pengguna mengatakan bahwa mereka melihat ke konten di jaringan untuk membuat keputusan pembelian."

Kamu dapat mempromosikan blog kamu di Pinterest, membangun komunitas, dan mengarahkan lalu lintas ke situs kamu. Karena pengguna dapat mengklik tautan langsung, ini adalah tempat yang bagus untuk memposting blog kamu. Kamu dapat menggunakan tagar dan kata kunci untuk membuat postingan kamu dapat ditemukan. Kemudian, kamu dapat terlibat dengan akun lain secara online untuk membangun pengikut kamu.

5. YouTube

Saat kamu mempromosikan postingan blog kamu, kamu mungkin perlu menggunakan kembali konten kamu untuk situs berbagi blog yang dipilih. Misalnya, kamu dapat menggunakan kembali postingan blog tertulis menjadi video untuk diposting di YouTube.

Menggunakan kembali konten kamu di beberapa platform membantu kamu mengarahkan lalu lintas ke situs kamu dan meningkatkan kesadaran merek.

Rata-rata sesi YouTube oleh satu pemirsa kira-kira 40 menit, naik 50% dari tahun sebelumnya. Itulah mengapa YouTube adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan konten blog kamu.

6. Instagram

Platform media sosial lain yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan blog kamu adalah Instagram. Platform ini memiliki lebih dari satu miliar pengguna bulanan. Saat kamu mempromosikan blog di Instagram, kamu mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan fitur Stories.

Jika kamu memiliki 10.000 pengikut, kamu dapat menyertakan tautan swipe up ke blog kamu di Stories Instagram kamu. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak pengikut, tidak apa-apa. Kamu masih dapat membagikan tautan ke postingan blog kamu di bio kamu dan mempromosikannya melalui postingan kamu di feed atau Stories.

7. Grup Facebook

Walaupun kebanyakan orang sudah menggunakan Facebook, apakah semua orang tahu bahwa menggunakan Grup Facebook adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pengunjung blog? Faktanya, 1,4 miliar orang menggunakan Grup Facebook dan ada lebih dari 10 juta Grup di Facebook.

Jika kamu telah membangun komunitas dan basis penggemar yang setia, kamu dapat mempertimbangkan untuk membuat Grup Facebook untuk mereka. Di grup kamu, kamu dapat mempromosikan dan berbicara tentang postingan blog terbaru kamu. Namun, jika kamu tidak memiliki Grup Facebook sendiri, kamu dapat bergabung dengan grup di niche kamu. Di grup tersebut, kamu dapat mempromosikan blog kamu jika bermanfaat.

8. Flipboard

Flipboard adalah platform agregator konten yang memungkinkan pengguna membaca konten dari berbagai sumber di satu tempat. Sebagai penerbit, kamu dapat menambahkan situs kamu dan mulai memposting blog kamu.

Mempromosikan blog kamu di Flipboard dapat membantu pembaca baru menemukan konten konten. Ketika sebuah blog diposting, pembaca diarahkan ke situs kamu, yang membantu menghasilkan lalu lintas ke postingan blog kamu.

9. Triberr

Triberr adalah platform tempat blogger dan influencer pergi untuk memperkuat konten mereka. Konsepnya adalah kamu dapat bergabung dengan grup berdasarkan minat kamu, mempromosikan blog kamu, dan mendapatkan lebih banyak saham, lalu lintas, dan eksposur.

Selain bergabung dengan komunitas dan berinteraksi dengan pengguna secara online, kamu juga dapat membayar untuk mempromosikan postingan yang mirip dengan Quuu Promote. Kamu akan memilih URL, dan Triberr akan menampilkan postingan kamu kepada orang-orang nyata yang kemungkinan besar akan membagikan konten kamu kepada audiens mereka.

10. AllTop

AllTop adalah agregator konten lain yang memungkinkan pembaca melihat konten dari berbagai sumber. Para blogger dapat mengirimkan situs mereka untuk didaftar dengan mengirimkan pertanyaan melalui halaman Kontak.

Jika diterima, maka blog kamu akan terdaftar di situs tersebut. Dengan menggunakan situs promosi blog, kamu dapat meningkatkan peluang backlink, menghasilkan lalu lintas, meningkatkan peringkat organik, membangun otoritas, dan menjangkau lebih banyak orang.


Bagaimana? Apakah kamu sudah paham tentang promosi blog ini? Semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu dan bagikan juga artikel ini kepada teman-teman blogger kamu ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url