Cara Mengatasi Situs Deceptive Site Ahead : Yang Diduga Berbahaya Oleh Google Atau Browser

Beberapa waktu lalu, teman saya meminta saya untuk memperbaiki situs web miliknya yang menampilkan Deceptive Site Ahead, yang mana situs webnya tersebut ditandai sebagai berbahaya oleh Google. Saya memeriksanya secara langsung dan menemukan bahwa situs web ini masih memiliki banyak celah keamanan, dan tidak menggunakan protokol HTTPS sebagai pengaman jalur komunikasi.

Awalnya saya sedikit kaget, karena saya pikir hanya web abal-abal saja yang dianggap Google berbahaya atau web yang dibangun dan dikembangkan tanpa Framework, tetapi web yang dibangun dan dikembangkan dengan menggunakan Framework Laravel juga bisa dianggap berbahaya. Dari situ saya menyimpulkan bahwa sistem keamanan Google adalah terletak di codingannya ataupun beberapa proses input data pada web, dan setiap kali sebuah situs dianggap berbahaya oleh bot Google, maka secara otomatis ditambahkan ke daftar situs berbahaya.

Situs yang dianggap berbahaya oleh Google adalah situs yang menunjukkan aktivitas phishing atau yang mungkin menyebarkan malware.

Setelah mencari referensi dari berbagai sumber dan meminta saran dari penyedia hosting yang digunakan, ada beberapa cara untuk memperbaiki situs yang dianggap berbahaya oleh Google (situs penipu tadi).


Berikut Ini Merupakan Beberapa Caranya :

1. Pemindaian virus melalui cPanel 

Jika kamu menggunakan cPanel untuk menyimpan data situs web, kamu harus terlebih dahulu memindai virus menggunakan fitur-fitur di cPanel. Namun, jika kamu menggunakan VPS atau dedicated server, kamu harus memindai dengan alat yang tersedia di setiap jenis server dan kemudian pastikan untuk menghapus semua file yang dianggap berbahaya atau tidak boleh ada di server.

2. Setel ulang kata sandi cPanel

Jika kamu menggunakan cPanel, kamu harus segera mengubah kata sandi untuk akun cPanel kamu dengan kombinasi kata sandi yang aman untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengakses cPanel. Kamu harus melakukan hal yang sama saat menggunakan panel kontrol jenis lain.

3. Instal SSL

Untuk memastikan koneksi yang aman ke situs web, silakan instal SSL atau HTTPS di situs web, sehingga data yang dimasukkan oleh pengguna akan terenkripsi dan lebih aman. Selain itu, Google mewajibkan situs web untuk menggunakan HTTPS, sehingga situs yang tidak menggunakan HTTPS ditandai sebagai tidak aman.

4. Laporkan ke Google

Perintah terakhir yang harus kamu lakukan adalah melaporkan ke Google bahwa kamu telah membersihkan dan memperbaiki situs. Untuk membuat laporan ini, kamu harus sudah membersihkan dan memperbaiki situs tersebut, karena ketika situs yang kamu laporkan aman untuk ditinjau oleh bot Google, namun Google masih menemukan sesuatu yang berpotensi berbahaya, maka situs tersebut dianggap masuk dalam daftar situs berbahaya.

Untuk melaporkan ke Google, gunakan tautan ini: https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_error/?hl=en-US

5. Kirim ulasan melalui Google Search Console 

Ini adalah opsi tambahan untuk mempercepat verifikasi otomatis google bot, adapun cara lainnya yang bisa baca disini : https://developers.google.com/web/fundamentals/security/hacked/request_review

6. Tunggu dan selesai

Setelah kamu melakukan semua hal di atas, tunggu saja email dari Google tentang pelaporan situs. Biasanya memakan waktu 1-7 hari, dan ketika saya mengatasi sendiri situs web teman saya tersebut, saya mendapatkan tanggapan email tentang ulasan yang berhasil dalam sehari.

Penutup

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan tentang Cara Mengatasi Situs Deceptive Site Ahead : Yang Diduga Berbahaya Oleh Google Atau Browser, semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url