Cara Menginstal Gradle

Untuk menginstal Gradle, itu mudah. Syaratnya cukup sederhana yaitu komputer yang digunakan harus di install dengan JDK terlebih dahulu. Itu sebabnya kita belajar cara menginstal OpenJDK sejak awal. Instalasi gradle dapat dilakukan secara manual atau menggunakan SDKMAN. Untuk menginstalnya secara manual, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini:

1. Unduh file distribusi Gradle di tautan https://gradle.org/releases/. Kamu dapat memilih biner saja atau lengkap dengan dokumentasi.

2. Saya merekomendasikan mengunduh Gradle versi 6.2.2 untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi.

3. Setelah selesai, ekstrak ke folder yang diinginkan. Sebaiknya letakkan di folder yang mudah diakses. Ini akan membuat konfigurasi Environment Variable lebih mudah.

Instalasi Gradle via SDKMAN

Untuk memudahkan kita menginstal Gradle di Linux dan macOS, kita bisa menggunakan SDKMAN. Keuntungannya, kita tidak perlu lagi mengkonfigurasi Environment Variable karena SDKMAN akan melakukannya secara otomatis. Buka terminal, lalu jalankan perintah berikut untuk instalasi:

sdk install gradle

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Sama seperti instalasi OpenJDK sebelumnya, kita dapat melihat daftar versi Gradle dengan menggunakan perintah:

sdk list gradle

Saat dijalankan, terminal akan menampilkan hasil sebagai berikut:

Ilustrasi tampilan terminal ketika perintah "sdk list gradle" dijalankan

Cukup mudah bukan? Untuk memastikan Gradle berhasil diinstal, kamu dapat menjalankan perintah gradle -v di terminal sebagai berikut:

Ilustrasi memastikan Gradle berhasil diinstal

Konfigurasi Environment Variable Pada Windows

Tidak seperti Linux dan macOS, Windows mengharuskan kita untuk mengatur Environment Variable secara manual untuk digunakan. Sama seperti konfigurasi OpenJDK, kembali ke pengaturan Environment Variables. Di kolom System Variables pilih variable path kemudian klik Edit. Setelah jendela baru terbuka, Klik tombol New dan kemudian tambahkan lokasi file distribusi Gradle sebagai berikut:

Setup Environment Variables

Selesai, klik OK pada jendela yang tampil dan jendela Environment VariableUntuk memastikan apakah gradle terpasang dengan benar. Kamu dapat menjalankan perintah gradle -v pada command prompt seperti ini:

Ilustrasi mengecek gradel terinstal dengan benar

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url