Cara Menginstal IntelliJ IDEA

Cara install IntelliJ IDEA sangat sederhana, download file installasi IntelliJ IDEA berdasarkan sistem operasi, versi rekomendasi saya yaitu versi 2019.3.4 Community, bisa didownload dari link halaman download IntelliJ IDEA. Kemudian lakukan langkah-langkah instalasi sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Linux

Setelah berhasil mengunduh file, ekstrak file menggunakan perintah berikut di terminal:

tar xvf ideaIC-2019.3.4.tar.gz

Selanjutnya, masuk ke folder bin dengan menggunakan perintah:

cd idea-IC-193.6911.18/bin/

Terakhir, jalankan shell script idea.sh menggunakan perintah:

./idea.sh

Ikuti petunjuk di jendela yang muncul untuk menyelesaikan proses instalasi.

Windows dan MacOS

Tidak seperti Linux, jika kamu menggunakan Windows atau MacOS, kamu tidak perlu mengekstrak unduhan. Kamu dapat langsung menjalankan file idealC-2019.3.4.exe (Windows) atau idealC-2019.3.4.dmg (MacOS). Kemudian ikuti petunjuk di jendela yang muncul untuk menyelesaikan proses instalasi.

Konfigurasi Intellij IDEA

Setelah menyelesaikan proses instalasi, konfigurasikan IntelliJ IDEA. Langkah-langkah konfigurasi untuk setiap sistem operasi hampir sama. Kamu dapat langsung menjalankan IntelliJ IDEA dan mengikuti petunjuk di jendela yang muncul.

Sebelum digunakan untuk membuat project, kita perlu mengecek terlebih dahulu konfigurasi SDK yang akan digunakan. Cara mengakses menu Configure -> Structure for New Projects di jendela IntelliJ yang muncul.

Setelah jendela baru muncul, masuk ke bagian SDKs dan pastikan ada konfigurasi JDK sebagai berikut:

Ilustrasi setup konfigurasi

Pastikan kamu melihat konfigurasi seperti pada gambar di atas. Karena jika tidak ada konfigurasi JDK maka kita tidak bisa membuat project baru. Jika itu terjadi, kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menambahkannya secara manual dengan cara berikut ini:

  1. Klik ikon “+” di sisi kiri jendela yang muncul.
  2. Pada opsi yang muncul, klik JDK.
  3. Setelah jendela baru terbuka, arahkan ke lokasi instalasi JDK lalu klik OK.
  4. Pastikan tidak terjadi kesalahan. Klik OK lalu Apply.

Pada dasarnya, jika komputer kita telah terinstal JDK sebelumnya, kita tidak perlu mengkonfigurasi Intellij IDEA. Mengapa demikian? Karena JDK akan terdeteksi secara otomatis sehingga kamu dapat langsung menggunakannya untuk membuat project baru.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url