Source Code Program Menghitung Luas Persegi Panjang C++

Pada postingan kali ini saya ingin membagikan contoh program C++ untuk menghitung luas persegi panjang. Secara substansi algoritmanya cukup sederhana menggunakan algoritma sekuensial dimana program akan mengeksekusi setiap baris program dari atas ke bawah tanpa ada proses iterasi atau percabangan (kecuali jika ingin mengembangkannya).

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar yang sama panjang. memiliki empat sudut siku-siku. Sisi panjang disebut panjang (p) dan sisi pendek disebut lebar (l).

Rumus Menghitung Luas Persegi Panjang

luas = panjang x lebar

Pada program ini sendiri inputnya adalah sebuah nilai dari panjang persegi dan lebar dari persegi, kemudian outputnya adalah sebuah nilai dari luas persegi panjang.

Berikut ini adalah source code program C++ untuk menghitung luas persegi panjang :

#include <iostream>
using namespace std;

int main (){
    int p,l,luas;

    cout<<"masukan panjang persegi panjang : ";
    cin>>p;
    cout<<"masukan lebar persegi panjang : ";
    cin>>l;

    luas=p*l;
    cout<<"luas persegi panjang adalah "<<luas;
    return 0;

}

Berikut ini hasil programnya :

Tampilan Program Menghitung Luas Persegi Panjang C++

Kode program menghitung luas persegi panjang merupakan program sederhana dalam bahasa C++ untuk menghitung luas persegi panjang. Program meminta pengguna untuk memasukkan nilai panjang dan lebar persegi panjang menggunakan fungsi cin. Setelah itu, program menghitung luas persegi panjang dengan cara mengalikan nilai panjang dan lebar, dan menyimpan hasilnya ke dalam variabel luas. Akhirnya, program menampilkan hasil perhitungan luas menggunakan fungsi cout. Setelah itu, program akan mengembalikan nilai 0 sebagai tanda bahwa program berakhir.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url