Source Code Program Menukar Nilai dengan C++

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah source code dari program menukar nilai dengan menggunakan C++. Pada program ini sendiri inputnya adalah sebuah nilai.

Logika dari program ini adalah ketika kita memiliki 2 cangkir penuh minuman, cangkir A berisi kopi, cangkir B berisi susu, entah kenapa kita akan menukarnya sehingga cangkir A berisi susu, cangkir B berisi kopi. Pertanyaannya metode apa yang akan kita gunakan untuk menukarnya? Tentu saja kita akan mengambil cangkir kosong, anggap saja cangkir C.

Berikut ini adalah source code program C++ untuk menukar nilai :

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
	int a, b, c, cadangan;
	cout<<"Masukkan Nilai A="; cin>>a;
	cout<<"Masukkan NIlai B="; cin>>b;
	cout<<"Masukkan Nilai C="; cin>>c;
	cout<<endl<<endl;
	cadangan=a;
	a=b;
	b=c;
	a=cadangan;
	cout<<"nilai a="<<a<<endl;
	cout<<"nilai b="<<b<<endl;
	cout<<"nilai c="<<c<<endl;
	return 0;
}

Berikut ini hasil programnya :

Tampilan Program Menukar Nilai dengan C++

Program di atas merupakan contoh program sederhana dalam bahasa pemrograman C++ yang digunakan untuk menukar nilai variabel. Program tersebut mengambil tiga buah nilai yaitu nilai a, b, dan c dari pengguna melalui inputan keyboard. Setelah itu, nilai a, b, dan c ditukar satu sama lain dengan menggunakan variabel cadangan sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum nilai variabel tersebut ditukar.

Setelah nilai variabel a, b, dan c berhasil ditukar, program akan menampilkan hasilnya melalui outputan pada layar monitor dengan menggunakan fungsi cout dan operator <<. Hasilnya adalah nilai a sekarang menjadi nilai b, nilai b sekarang menjadi nilai c, dan nilai c sekarang menjadi nilai a seperti yang telah ditukar pada baris kode "a=b; b=c; a=cadangan;".

Terakhir, program akan mengembalikan nilai 0 ke sistem operasi melalui perintah "return 0;", yang menandakan bahwa program berakhir dengan sukses dan tidak ada kesalahan yang terjadi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url