Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer

Tutorial Membuat Jaringan Komputer di Cisco Packet Tracer. Bagi kamu yang sering berkecimpung dalam dunia jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti paham apa itu Cisco Packet Tracer. Namun tidak masalah bagi kamu yang belum mengerti, saya akan sedikit bercerita tentang apa itu Cisco Packet Tracer.

Cisco Packet Tracer adalah alat bantu atau bisa juga disebut dengan simulator untuk alat jaringan cisco. Cisco Packet Tracer biasanya digunakan sebagai media pembelajaran dan penelitian, termasuk dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan gratis untuk fakultas, mahasiswa, dan alumni yang telah berpartisipasi dalam Cisco Networking Academy.

Pada dasarnya Cisco Packet Tracer digunakan sebagai media pembelajaran bagi para pemula untuk merancang, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah mengenai jaringan komputer. Singkatnya, Cisco Packet Tracer memudahkan kita untuk mempelajari bagaimana merancang, membangun dan mengkonfigurasi sebuah jaringan, mulai dari jaringan yang sederhana hingga yang kompleks. Bahkan kita juga dapat mengetahui permasalahan apa saja yang sering terjadi pada sebuah jaringan sehingga kita dapat menganalisis dan memperbaikinya tanpa harus membeli perangkat super mahal untuk pelajar yang masih dalam tahap belajar.

Sebelum masuk ke tutorial, berikut ini merupakan penjelasan singkat dari jaringan Ad Hoc.

Pengertian Jaringan Ad Hoc

Jaringan Ad Hoc adalah salah satu jenis Wireless Local Area Network (WLAN), jaringan ini terdiri dari beberapa node yang saling berkomunikasi secara langsung, jaringan ini biasanya digunakan untuk berbagi file antara 1 perangkat dengan perangkat lainnya dalam satu ruangan dengan jarak yang dekat. Jaringan ini juga sering digunakan oleh para gamers yang ingin bermain game multiplayer.

Kamu tidak perlu menggunakan Access Point untuk bisa berbagi file atau bermain game secara berkelompok. Dengan menggunakan jaringan Ad Hoc kamu sudah bisa melakukan kedua hal tersebut. Jaringan Ad Hoc hanya menggunakan Adaptor Wifi atau Wifi internal pada laptop untuk dapat mengirimkan sinyal radio. Ini adalah cara alternatif yang harus kamu ketahui sebagai pengguna OS Windows.

Apabila kamu belum mengetahui cara tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Karena kali ini saya akan memberikan tutorial pembuatan jaringan komputer Ad Hoc sederhana dengan menggunakan Cisco Packet Tracer, dengan menggunakan 2 PC, satu switch 2950-24, dan satu server.

Cara Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer

1. Pada halaman kerja, siapkan dua PC, satu switch 2950-24, dan satu server.

Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer - 1

2. Lalu hubungkan tiap perangkat dengan kabel Coper Straight-Through.

Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer - 2

3. Selanjutnya melakukan setting IP address pada kedua PC dan satu server. Dan pastikan setiap IP pada perangkat berbeda.

Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer - 3

4. Setelah itu lakukan komunikasi dengan cara menge-ping PC/Server. Jika hasilnya reply, maka PC/Server tersebut sudah terhubung dalam satu jaringan dan dapat saling berkomunikasi.

Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer - 4

5. Hasil akhir dari topologi Ad Hoc Wire. Dan disini semua perangkat (dua PC dan satu Server) dapat melakukan ping.

Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer - 5

Penutup

Demikian pembahasan tentang Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara atau sedang mengerjakan tugas Membuat Jaringan Ad Hoc Pada Cisco Packet Tracer, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika menurut kamu artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url