Menampilkan Tanggal Hijriah di PHP

Tanggal Hijriah merupakan salah satu kalender yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kalender ini mengikuti pergerakan bulan di langit dan digunakan untuk menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Islam, seperti Ramadhan dan Idul Fitri. PHP merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi web, dan kamu dapat dengan mudah menampilkan tanggal Hijriah di PHP dengan menggunakan library Hijriah PHP.

Berikut adalah cara untuk menampilkan tanggal Hijriah di PHP:

1. Pastikan kamu sudah memasang library Hijriah PHP. Kamu dapat mengunduh library ini melalui situs resmi PHP atau dengan menjalankan perintah composer require kwn/php-hijriah pada terminal kamu.

2. Setelah library terpasang, kamu dapat menggunakan fungsi date_create_from_format untuk mengkonversi tanggal Gregorian ke Hijriah. Fungsi ini membutuhkan dua parameter, yaitu format tanggal dan tanggal yang akan dikonversi. Sebagai contoh:

$hijriah = date_create_from_format('Y-m-d', '2022-12-19')->format('l, d F Y');
echo $hijriah;

3. Output dari code di atas adalah Sabtu, 19 Rabiul Akhir 1444 H. Kamu juga dapat mengubah format tanggal sesuai dengan keinginan kamu dengan menggunakan placeholde yang tersedia di PHP. Sebagai contoh, jika kamu ingin menampilkan tanggal dalam format dd-mm-yyyy, maka kamu dapat menggunakan placeholde d-m-Y seperti ini:

$hijriah = date_create_from_format('Y-m-d', '2022-12-19')->format('d-m-Y');
echo $hijriah;

4. Output dari code di atas adalah 19-12-1444 H.

5. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan library Hijriah untuk menambahkan atau mengurangi tanggal Hijriah dengan menggunakan fungsi add atau sub. Sebagai contoh, jika kamu ingin menambahkan satu hari pada tanggal Hijriah saat ini, maka kamu dapat menggunakan code berikut:

$hijriah = new \Kwn\PhpHijriah\Hijriah();
$tanggal_besok = $hijriah->add(new \DateTime(), new \DateInterval('P1D'));
echo $tanggal_besok->format('l, d F Y');

6. Output dari code di atas adalah Minggu, 20 Rabiul Akhir 1444 H.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, kamu dapat dengan mudah menampilkan tanggal Hijriah di PHP dan mengkonversinya dari tanggal Gregorian. Kamu juga dapat menambahkan atau mengurangi tanggal Hijriah dengan menggunakan fungsi add atau sub pada library Hijriah PHP. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menampilkan tanggal Hijriah di PHP.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url