Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Download Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) berbasis web. Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (native), aplikasi ini menggunakan PHP versi 7.4.19. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini juga menggunakan database, yaitu MySQL. Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini dapat kamu download secara gratis, oleh karena itu gunakan dengan baik serta jangan diperjualbelikan.

Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini dibuat dan dikembangkan oleh Angga I. S., Siti K., A. Rizalludin, M. Maulana, Bagu B., yang mana source code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini dibagikan oleh Angga Irham Stianto melalui akun githubnya. Source code yang ia bagikan ini memiliki lisensi, lisensi dari Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini sendiri yaitu GNU General Public License v3.0. Apa itu GNU General Public License v3.0? Kamu bisa membacanya disini.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan dengan menggunakan data dan informasi yang tersedia. Salah satu metode yang sering digunakan dalam SPK adalah Simple Additive Weighting (SAW).

SAW adalah sebuah metode yang digunakan untuk menentukan prioritas dari beberapa alternatif berdasarkan bobot yang diberikan pada setiap kriteria. Bobot ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Bobot = (Nilai Kriteria - Nilai Minimum) / (Nilai Maksimum - Nilai Minimum)

Nilai minimum dan maksimum adalah nilai tertinggi dan terendah dari setiap kriteria. Setelah bobot dari setiap kriteria dihitung, maka akan dibuat matriks perbandingan berdasarkan bobot tersebut.

Setelah matriks perbandingan dibuat, maka akan dilakukan normalisasi matriks tersebut dengan menggunakan rumus berikut:

Normalisasi = Nilai Matriks Perbandingan / Jumlah Nilai dari Setiap Baris

Setelah nilai normalisasi dibuat, maka akan dibuat matriks terbobot dengan mengalikan nilai normalisasi dengan bobot dari setiap kriteria. Setelah matriks terbobot dibuat, maka akan dibuat matriks preferensi dengan menjumlahkan setiap kolom dari matriks terbobot.

Setelah matriks preferensi dibuat, maka akan dilakukan perankingan alternatif berdasarkan nilai dari setiap baris pada matriks preferensi. Alternatif dengan nilai tertinggi akan menjadi alternatif yang diprioritaskan.

Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini tentu dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Sistem Pengambilan Keputusan yang menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) ini memiliki fitur-fitur yang sederhana, yaitu CRUD nilai, CRUD kriteria, CRUD alternatif, hasil perhitungan metode SAW, hasil perangkingan, graphic chart dan masih banyak lagi.

Saya telah menguji sendiri Source Code dari Sistem Pendukung Keputusan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan hasilnya sangat memuaskan karena saya belum menemukan error apapun dari aplikasi tersebut. Namun, implementasi dari Sistem Pendukung Keputusan Metode Simple Additive Weighting (SAW) masih terlihat relatif sederhana dari segi tampilannya. Dengan tampilan yang sederhana ini, Anda dapat mencoba untuk meningkatkan keindahannya atau menambahkan fitur tambahan yang saat ini belum ada di Sistem Pendukung Keputusan Metode Simple Additive Weighting (SAW) ini.

Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ini dapat kamu gunakan sebagai referensi bahan belajar, tugas kuliah atau sekolah, tugas akhir atau UAS, maupun untuk kamu gunakan sendiri. Berikut saya sertakan beberapa screenshot dari Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

Tampilan Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW - 1

Tampilan Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW - 2

Tampilan Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW - 3

Tampilan Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW - 4

Tampilan Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW - 5

System Requirement :

  • PHP 7.4.19
  • Database MySQL
  • Server local Xampp atau Laragon


Panduan Instalasi :

  • Download Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting)
  • Ekstrak file dengan aplikasi WinRAR atau sejenisnya
  • Aktifkan server local xampp atau laragon
  • Pindahkan atau copy folder "Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting)" ke folder htdocs (xampp) atau www (laragon)
  • Buka browser, kemudian buka alamat localhost/phpmyadmin
  • Buat database baru, dan beri nama dss_saw
  • Import database Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) ke dalam database dss_saw
  • Buka atau jalankan aplikasi web dengan alamat localhost/Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting)
  • Selesai


Fitur Aplikasi :

  • CRUD nilai
  • CRUD kriteria
  • CRUD alternatif
  • Hasil perhitungan metode SAW
  • Hasil perangkingan
  • Graphic chart
  • dan masih banyak lagi


Link Download :


Terima kasih telah mendownload Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW (Simple Additive Weighting) yang telah dibagikan kali ini. Jangan lupa untuk membagikan postingan aplikasi web ini ke teman-teman kamu dan kunjungi terus situs ini untuk mendapatkan informasi source code aplikasi gratis terbaru!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url