Mengenal Desain Grafis

Desain grafis bukan hanya gambar biasa, tetapi juga berfungsi sebagai sarana komunikasi visual. Desain grafis tidak dapat dipisahkan dari seni. Daerah ini mencakup seni terapan. Dengan kata lain, desain grafis tidak hanya mengejar nilai ekspresif dan estetis dalam sebuah karya, tetapi juga memiliki fungsi pragmatis sebagai pemuas kebutuhan hidup manusia.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenal desain grafis, jadi singkatnya pada artikel ini akan membahas apa itu desain grafis, software terbaik untuk desain grafis, poin yang dapat membantu kamu untuk maju sebagai desainer grafis. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini baik-baik ya!

Foto oleh Tranmautritam dari Pexels

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah pesan dan cara imajinatif untuk mengekspresikannya. Kamu dapat menggunakan desain grafis untuk semua jenis konten visual.

Desainer mengerjakan fitur seperti tipografi, gaya, dan gambar untuk menyampaikan ide tertentu dan oleh karena itu konten bertujuan untuk menjadi sekreatif mungkin saat menyampaikan pesan. Segala sesuatu yang ditampilkan dengan cara tertentu menampilkan ide desain di baliknya untuk membentuknya seolah-olah seperti apa adanya.

Software Desain Grafis Terbaik

Jika kamu mengajukan pertanyaan ini kepada desainer grafis mana pun, mereka akan memberi tahu kamu bahwa produk Adobe seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dan InDesign, yang terpenting adalah mereka akan benar. Meskipun berbiaya lebih tinggi, program-program ini berkualitas tinggi baik di sistem Apple maupun Windows dan tidak ada yang tidak cocok dengan Adobe sehingga sangat penting untuk mempelajari program-program ini. 

Kamu tidak perlu software untuk mengetahui desain grafis. Desain grafis adalah tentang teori, sejarah dan praktek. 

Untuk menjadi seorang desainer grafis kamu ingin memutuskan untuk belajar desain grafis. Namun, kamu dapat menggunakan pena dan kertas untuk memulai. Perangkat lunak hanyalah alat atau media untuk membuat sebuah desain.

Standar perangkat lunak untuk industri adalah Adobe CC. Tiga program utama tersebut adalah:
  • Adobe Photoshop
  • Abobe Illustrator – berbasis vektor
  • Adobe Indesign

Program yang lebih unik juga tersedia, seperti:
  • Adobe After Effects
  • Cinema 4D
  • Adobe Premiere
  • Adobe Dimension
  • Adobe Dreamweaver

Itu semua tergantung pada spesialisasi apa yang ingin kamu spesialisasi. Bagaimana menjadi desainer grafis yang benar-benar baik?

Berikut Adalah Beberapa Hal Yang Dapat Membantu Kamu Berkembang Sebagai Desainer Grafis:

  • Bekerja dengan desainer yang lebih baik dan lebih berpengalaman dari kamu. 
  • Terus berlatih.
  • Baca tentang desain dari blog.

Kumpulkan sampel gaya yang kamu inginkan. Cari tahu bagaimana mendefinisikan mengapa kamu menginginkan sedikit desain. Jika kamu melihat desain yang kamu inginkan, coba cari tahu bagaimana desain itu dibuat. Bagaimana proporsi teks dan elemen lain berhubungan dengan halaman?

Pelajari cara berkonsentrasi. Ini termasuk mempelajari cara menerima kritik dari rekan-rekan kamu, supervisor kamu, dan klien kamu. Ini berarti mencatat apa yang klien katakan begitu mereka tidak memiliki kata-kata/konsep untuk menjelaskan apa yang mereka maksud.

Miliki alasan untuk setiap pilihan desain yang kamu buat selama proyek. Setelah kamu memahami penjelasannya, kamu akan mulai membuat pilihan yang lebih baik. Pahami bahwa apa yang kamu lakukan memiliki nilai. Habiskan lebih lama untuk mempelajari tata letak, warna, tipografi, dan pemikiran konseptual daripada yang kamu habiskan untuk menguasai Illustrator dan Photoshop.

Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang Mengenal Desain Grafis. Jika ada keraguan, pertanyaan, atau saran, silakan komentar di bagian komentar yang telah disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url