Ketahui Level Unit Penyimpanan Data Dari Byte Hingga Exabyte

Ukuran penyimpanan data komputer dalam byte. Satuan kapasitas penyimpanan data juga sering disingkat dengan akronim masing-masing satuan. Misalnya, gigabyte disingkat menjadi GB, dan seterusnya.

Penting juga untuk dicatat bahwa perhitungan byte berbeda dari metode untuk unit perhitungan lainnya. Nilai 1 KB tidak sama dengan 1.000 B, tetapi 1 KB sama dengan 1.024 B. Untuk mengkonversi ke unit lain, itu harus dikalikan dengan 1.024 jika turun ke unit yang diinginkan, dan dibagi dengan 1.024 saat level naik. 

Untuk pemahaman yang lebih dalam tentang unit penyimpanan data, ada beberapa deskripsi untuk masing-masing unit tersebut. Dimulai dengan unit terkecil adalah bit. Bit adalah bilangan biner atau singkatan dari bilangan biner, dan nilainya hanya 0 dan 1. 

Angka 0 dan 1 menjadi bahasa mesin komputer itu sendiri, seperti motherboard, prosesor, chip, serta penyimpanan data dan output lainnya. Bytes, di sisi lain, adalah kumpulan bit terkecil yang dapat ditafsirkan atau dipahami oleh komputer. Byte juga merupakan satuan yang sering muncul dalam spesifikasi untuk RAM, SSD, dan HDD laptop. 

Byte diikuti oleh kilobyte. Satuan kilobyte ini merupakan satuan yang sangat powerful di komputer, misalnya ketika mengetik huruf di Notepad sudah disimpan, jadi ukurannya akan menjadi 1KB (kilobyte). Satu kilogram biasanya bernilai seribu, tetapi satu kilogram dalam satu kilobyte bernilai 1024 byte. 

Di atas kilobyte ada yang disebut megabyte atau biasa disebut dengan "satu megabyte". Satu megabyte sama dengan 1.024KB. Sebuah megabyte adalah unit yang cukup besar. Dapat dikatakan bahwa 100 megabyte ruang mungkin dapat menampung beberapa volume ensiklopedia.

Satuan yang lebih besar dari megabyte setelah itu adalah gigabyte. Gigabyte adalah unit yang sering muncul dalam spesifikasi RAM, SSD, dan HDD laptop. Di sisi lain, satu Gigabyte dikatakan dapat memuat sekitar 10 meter konten novel di rak buku. Di sisi lain, 100 GB dapat menjangkau satu tingkat dari semua perpustakaan jurnal akademik. 

Berikutnya adalah satuan terabyte. Satuan ini merupakan satuan terbesar ketiga sebelum PB dan Exabyte. 1 TB terdiri dari sekitar 1 triliun byte atau 1.000 GB. Unit TB mudah ditemukan dalam kapasitas hard drive laptop atau desktop modern. Kemampuannya terlihat dari ruang penyimpanannya yang luar biasa. Seperti satu terabyte dapat menampung sekitar 3,6 juta 300 kilobyte gambar, atau dapat menampung sekitar 300 jam video berkualitas tinggi. Setelah itu, terabyte dapat menyimpan 1.000 eksemplar Encyclopedia Britannica. 

Pindah ke PB, di mana 1 PB kira-kira 1.000 TB atau 1 juta GB. Salah satu petabyte ini dapat berisi sekitar 20 juta lemari arsip 4 pintu yang penuh dengan teks. Atau setara dengan menghemat 500 miliar halaman standar teks tercetak. 1 PB juga memungkinkan kita untuk menempatkan 341 juta MP3 3 menit atau 10 miliar gambar di Facebook.

Unit penyimpanan data terakhir dan terbesar adalah Exabyte. Exabyte ini adalah yang paling banyak. Satu exabyte terdiri dari sekitar satu triliun byte atau satu miliar gigabyte. Dapat dikatakan bahwa 5 exabyte setara dengan semua kata manusia.

Saya harap Anda menemukan bantuan dari artikel saya tentang Ketahui Level Unit Penyimpanan Data Dari Byte Hingga Exabyte. Jika Anda memiliki pertanyaan, masalah atau saran, silakan tinggalkan komentar di bagian komentar yang disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url