4 Rekomendasi Keyboard Mechanical Murah Meriah 2022

Tidak banyak yang tahu bahwa ada dua jenis keyboard, keyboard rubber dome (atau keyboard membran) dan keyboard mechanical (atau keyboard mekanis). Keyboard rubber dome adalah keyboard yang umum digunakan. Keyboard ini menggunakan karet pada bagian bawah keycaps.

Photo by Jay Zhang on Unsplash

Pada saat yang sama, keyboard mechanical adalah keyboard dengan karakteristik mekanis, yang menggunakan sakelar di bawah penutup tombol untuk membuat jari merasakan tekanan balik saat mengetik. Ini membuat penggunaan keyboard mechanical lebih nyaman daripada keyboard biasa.

Keyboard mechanical lebih mahal daripada keyboard rubber dome dan harganya bisa mencapai Rp1 juta. Mengingat keyboard mechanical umumnya tahan percikan air, memiliki kabel yang dikepang, menggunakan pelat emas di sisi USB, dan umumnya memiliki ketahanan tekanan lebih dari 50 juta kali, harga mahal masih relatif masuk akal.

Menariknya, tidak semua keyboard mechanical mahal karena yang termurah biasanya mulai dari Rp300 ribuan. Mencari keyboard mekanik yang terjangkau? Nah, kali ini saya akan memaparkan daftar 4 keyboard mechanical murah berkualitas (Rp300.000). Apa itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Altec ALGK8404

Salat satu keyboard yang mempunyai desain elegan, dengan bentuk yang sederhana, bahan metal panel beserta di lengkapi LED RGB dan BLUE SWITCH pastinya sangat cocok untuk para gamers. Harga saat ini sekitar Rp319.000.

2. Rexus MX5.2

Mempunyai 87 tombol. Dengan desain dan ukuran yang compact tersebut, keyboard ini praktis untuk digunakan dalam beragam aktivitas dan permainan. Keyboard Rexus Legionare MX5.2 ini menawarkan empat varian model keycap, yaitu antara lain: Ocean Blue, Smokey Blue, Snowy Black, dan Strato Black. Harga saat ini sekitar Rp359.000.

3. Fantech Maxfit87

Fitur kabel type C yang bisa dilepas, memiliki 22 mode spectrum dan semua tombol pada keyboard Maxfit87 sudah dilengkapi dengan fitur anti ghosting, switch yang ada di keyboard ini berjenis soldered, yang mana hal ini digunakan untuk menjaga kualitas dari switch dan keyboard agar tidak gampang kendor ataupun bergoyang. Harga saat ini sekitar Rp355.000.

4. Digital Alliance Meca 6

Keyboard ini memiliki 14 LED mode, removable switch, keycaps double injection, material ABS + metal dan backlight rainbow 5 color special features removable switch. Harga saat ini sekitar Rp385.000.

Di titik harga Rp 300.000 ini, sebenarnya masih banyak pilihan keyboard mechanical lainnya selain 4 yang telah disebutkan di atas. Beberapa dilengkapi dengan gimmick game, dan beberapa bahkan tidak berfungsi dengan baik. 

Penutup

Sebagai penutup, berikut adalah beberapa tips saat kamu ingin membeli keyboard mechanical. Beli keyboard mechanical asli dan hindari keyboard yang mengatakan "hybrid mechanical" karena itu bukan keyboard mechanical.

Bagaimana? Apakah rekomendasi di atas sudah membuatmu tertarik untuk membeli? Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang 4 Rekomendasi Keyboard Mechanical Murah Meriah 2022. Apabila kamu memiliki keraguan, pertanyaan, atau saran, kamu bisa komentar di bagian komentar yang telah disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonymous
    Anonymous August 12, 2022 at 8:25 PM

    Yang harga 100k ada kah min?

    • Bareh
      Bareh August 12, 2022 at 8:30 PM

      untuk saat ini belum ada, paling mechanical gimmick doang yang harga segitu

Add Comment
comment url