Alasan Kenapa Website Disebut Sebagai Aplikasi

Perkembangan Internet dari tahun ke tahun meningkat dari segi pengguna aktif. Tentu saja, setiap orang menggunakan berbagai perangkat untuk mengakses Internet, dari desktop dan ponsel hingga tablet. Dan website merupakan salah satu media yang paling sering dikunjungi dan digunakan untuk menemukan berbagai metode informasi dan komunikasi.

Contoh website yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu Google, Twitter, Facebook, Seconds, CNN, dll. Tentunya dilihat dari berbagai website yang ada memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda, dan ada juga yang bergerak di bidang e-commerce, media sosial, bisnis, media informasi dan lain sebagainya.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu website, serta alasan kenapa website disebut juga sebagai aplikasi. Sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentunya 😊.

Apa sih website itu?

Situs web memiliki variasi yang hampir tidak ada habisnya, termasuk situs  pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan banyak lagi. Halaman website biasanya merupakan campuran teks dan media lainnya. Namun, tidak ada aturan tetap. Namun, banyak situs mengikuti pola standar halaman beranda yang menautkan ke kategori dan konten lain di  situs web. 

Halaman beranda atau hanya "beranda" mewakili halaman utama  situs itu sendiri. Seringkali halaman beranda adalah semacam "hub" dari mana semua halaman lain dapat diakses. Halaman web internal di mana banyak halaman lain ditautkan dalam struktur yang konsisten, seperti kategori topik tertentu, disebut "halaman induk". Setiap halaman adalah satu dokumen HTML dan semuanya ditautkan melalui hyperlink atau hanya "tautan" yang dapat digabungkan menjadi bilah navigasi untuk kemudahan penggunaan.

Navigasi ditampilkan di setiap halaman, bukan hanya halaman beranda, dan memungkinkan pengguna dengan cepat menavigasi struktur utama situs web. Bagian penting lainnya dari sebagian besar situs web adalah footer, yang merupakan pengulang bagian yang terletak di bagian bawah setiap halaman. Biasanya, footer berisi tautan eksternal yang mengarah ke situs web serupa dan sumber daya eksternal lainnya, serta informasi penting lainnya seperti penafian, tautan ke syarat penggunaan, kebijakan privasi, halaman kontak, dan alamat fisik perusahaan yang memiliki situs. Situs web dihosting di server dan memerlukan browser web seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer agar dapat dilihat di komputer atau perangkat seluler. Kamu dapat langsung mengakses situs web dengan memasukkan alamat URL-nya atau dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google atau mesin pencari lainnya.

Apa itu Aplikasi?

Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan fungsionalitas tertentu dengan cara yang dapat diakses pengguna. Di App Store dan Android App Store, ada jutaan aplikasi  yang menyediakan layanan aplikasi. Aplikasi itu sendiri merupakan sebuah dasar dari ekonomi seluler. Sejak kedatangan iPhone pada tahun 2007 dan App Store pada tahun 2008, aplikasi telah menjadi sarana utama bagi pengguna untuk memasuki revolusi smartphone atau smartphone.

Selain itu, aplikasi telah membantu menciptakan sejumlah industri bernilai miliaran dolar. Misalnya, game seluler sekarang menghasilkan lebih dari $30 miliar pendapatan per tahun, sementara aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook adalah kontributor utama pendapatan multi-miliar dolar mereka setiap kuartal.

Peningkatan popularitas yang sangat besar ini berdampak langsung pada pengiklan. Saluran iklan besar menjadi semakin penting bagi bisnis. Baik bisnis menghasilkan bisnis melalui aplikasi atau beriklan di perangkat seluler, aplikasi telah menjadikan periklanan seluler sebagai industri yang berharga secara global. Selain itu, aplikasi seluler juga penting karena keserbagunaannya, yang dapat sangat memudahkan kehidupan publik.

Apa bedanya website dengan aplikasi?

Keduanya sering disalahartikan sehingga menimbulkan kesalahpahaman meskipun sama-sama diakses melalui gadget namun keduanya memiliki perbedaan. Berikut ulasan  perbedaan keduanya.

  • Website
    • Merupakan laman web atau situs web yang berisi perpaduan informasi, umumnya website pribadi mampu diakses melalui web browser.
  • Aplikasi
    • Ini juga merupakan perangkat lunak berupa halaman web yang dapat diakses langsung menggunakan browser web, tetapi aplikasi biasanya dapat diakses setelah diunduh dan diinstal pada perangkat. Untuk pengguna iOS, kamu dapat mengunduhnya dari App Store, dan untuk pengguna Android kamu dapat mengunduhnya dari Play Store. Terkadang ada aplikasi yang hanya kompatibel dengan iOS, dan sebaliknya hanya di Android. Kamu harus hati-hati memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Alasan website disebut juga sebagai aplikasi!

Orientasinya orang, ketika kita berbicara tentang sebuah situs web, situs web itu hanyalah sebuah profil perusahaan (biasanya begitu). Dulu, situs hanya terdiri dari tampilan atau katalog, jadi itulah yang disebut situs company profile atau bahasanya sekarang disebut landing page. 

Ternyata website sekarang sudah berkembang lagi, bukan sekedar website, tapi sebuah aplikasi, jadi mulai sekarang akan dibahasakan sebagai aplikasi web. 

Jadi, apa itu aplikasi web?

Aplikasi web adalah situs web tempat kamu dapat melakukan banyak hal, kamu dapat mencari dan membeli produk, melakukan transaksi di sana, dan banyak lagi.

Penutup

Bagaimana? Apakah penjelasan di atas sudah membuatmu paham? Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang Alasan Kenapa Website Disebut Sebagai Aplikasi. Tinggalkan komentar pada kolom komentar, apabila kamu memiliki keraguan, saran, ataupun pertanyaan. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url