Cara Agar Website Tidak Bisa di Inspect Elemen

Terkadang fitur inspect elemen sering disalah gunakan oleh beberapa orang nakal. Seperti mengedit atau mengganti kata serta kalimat dari sebuah website kemudian di screenshot. Atau mengedit serta mengubah nilai kemudian di cetak pdf.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara agar website tidak bisa di inspect dari fitur inspect elemen, jadi singkatnya ketika orang-orang tidak bertanggung jawab tersebut ingin melakukan inspect elemen maka website kamu tidak akan merespon perintah-perintah untuk inspect element. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini baik-baik ya!

Apasih Inspect Elemen Itu?

Seperti yang kamu ketahui, Inspect Element adalah fitur atau alat peramban bawaan  yang sebenarnya dibuat khusus untuk membantu pembuat atau pengembang situs web men-debug situs web atau aplikasi yang mereka buat karena semua situs web atau aplikasi kode sumber dapat dilihat menggunakan fungsi Inspeksi. tanpa harus membuka file langsung di jendela browser yang digunakan.

Untuk menggunakan fungsi ini sendiri sangat sederhana, cukup buka situs web atau aplikasi yang ingin kamu periksa di browser kamu dan kemudian tekan kombinasi tombol berikut pada keyboard:
  • Cara pertama, Ctrl + Shift + i
  • Cara kedua, Ctrl + u
  • Cara ketiga, tombol F12
  • Cara keempat, klik kanan pada mouse -> pilih inspect atau inspect element
  • Cara kelima, klik kanan pada mouse -> pilih view page source

Secara langsung biasanya file website seperti index.html, index.php atau file lain yang berekstensi *.html, *.php dan sejenisnya tidak akan bisa  langsung dibuka untuk melihat source codenya, jadi  cara untuk 'mengintip ' pada tingkat konten kode sumber adalah dengan menggunakan fungsi Elemen Inspeksi.

Jadi, fitur ini adalah salah satu senjata yang digunakan peretas untuk melihat konten situs web atau kode sumber aplikasi kamu, mencari kelemahan di situs web kamu sebelum mengambil tindakan.

Menonaktifkan Fitur Inspect Element?

Pertanyaannya adalah, apakah fitur Inspect Element ini bisa dinonaktifkan? Jawabannya jelas tidak! 

Seperti yang dijelaskan di atas, Inspect Element adalah fitur atau alat browser default. Jika kamu ingin menonaktifkannya, hapus saja fitur tersebut dari browser kamu, jika kamu bisa. Meskipun kamu bisa, fitur tersebut hanya akan hilang di browser kamu, pengunjung yang mengakses situs web kamu dari browser mereka akan tetap mengaktifkan fitur tersebut, kamu tidak dapat meminta mereka untuk menghapus item fitur Inspect di browser mereka satu per satu.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jadi cara untuk mengatasinya cukup mudah, kamu tidak perlu menghapus fitur Inspect Element dari browser kamu, hanya cukup tambahkan saja baris perintah berikut di dalam tag <body> situs web atau aplikasi yang kamu buat:

Ubah :
<body>

Menjadi :
<body oncontextmenu="return false" onkeydown="return false;" onmousedown="return false;">

Beberapa baris perintah yang telah dimasukkan ke dalam tag <body> di atas akan menonaktifkan tombol Ctrl + Shift + i, Ctrl + u dan F12 pada keyboard serta klik kanan, maka pengunjung tidak akan dapat memilih atau menggunakan fungsi Inspect Element.

Penutup

Cara diatas merupakan salah satu cara untuk mencegah penggunaan fungsi Inspect Element yang biasanya digunakan untuk melihat isi source code, jika ada cara lain yang kamu ketahui  bisa di share di kolom komentar dibawah.

Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang Cara Agar Website Tidak Bisa di Inspect Elemen. Apabila memiliki keraguan, pertanyaan, ataupun saran, silakan beri komentar di bagian komentar yang disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url