Ciri - Ciri Hardisk Yang Bermasalah

Saat ini, banyak orang menyimpan file pribadi di hard disk pc mereka. Namun, setiap hard disk memiliki umur mereka sendiri dan dapat gagal. Dan data dapat hilang jika kamu menemukan kegagalan hard disk. Artikel ini akan menunjukkan kepada kamu daftar tanda-tanda kegagalan hard disk dan memberi tahu ciri – ciri dari hard disk yang bermasalah

Hard disk yang bermasalah bisa menjadi bencana karena semua data pada disk dapat hilang tiba-tiba tanpa tindakan pencegahan. Namun, hard disk yang bermasalah memang memiliki ciri - ciri. Jika kamu memperhatikan mereka dan melakukan langkah-langkah pencegahan sebelumnya, kamu dapat menghindari kehilangan data yang mengganggu yang disebabkan oleh kerusakan hard disk. Beberapa pengguna mungkin tidak tahu apa itu masalah hard disk. Jadi, pertama-tama, saya akan mengilustrasikan kepada kamu apa itu masalah hard disk dan konsekuensinya terhadap pc kamu.

Apa itu Kerusakan Hard Disk?

Secara umum, ada dua jenis kerusakan hard disk: fisik dan logis. Untuk kerusakan hard disk fisik, itu berarti hard disk atau salah satu komponennya telah menjadi rusak secara fisik atau berhenti bekerja sepenuhnya, yang dapat menyebabkan masalah boot Windows dan kehilangan data.

Untuk kerusakan hard disk logis, tidak ada masalah mekanis pada hard disk  tetapi hard disk mungkin gagal berfungsi secara normal atau tidak memuaskan, karena masalah terjadi pada struktur file atau perangkat lunak hard disk daripada hard disk internal. Ketika kerusakan hard disk logis terjadi, file mungkin tidak dapat diakses atau hilang. Dalam kasus lain, sistem operasi komputer mungkin telah rusak.

Biasanya, umur khas untuk hard disk adalah 3-5 tahun dengan penggunaan normal. Hard disk yang paling rentan adalah perangkat elektromekanis lama yang menyimpan data pada disk yang berputar cepat. Tetapi kadang-kadang, hard disk kamu mungkin crash tidak peduli berapa lama telah digunakan.

SSD juga akan gagal, tetapi lebih jarang terjadi. Untungnya, banyak hard disk akan menunjukkan indikasi bahwa ada masalah sebelum kerusakan penuh. Jika kamu khawatir hard disk kamu gagal, periksa apakah hard disk kamu menunjukkan ciri - ciri masalah berikut.

Berikut adalah beberapa ciri – ciri dari hard disk yang bermasalah, yang mana dapat mengindikasikan kegagalan hard disk.

1. FILE RUSAK

Ciri-ciri hard disk yang bermasalah kemudian ditunjukkan dengan adanya file yang tiba-tiba rusak dan tidak bisa dibuka. File yang rusak tidak terjadi karena serangan dari virus. Hal yang perlu segera dilakukan adalah mematikan perangkat dan memeriksa hard disk.

2. SISTEM MELAMBAT

Performa sistem yang mulai melambat merupakan tanda peringatan dini adanya masalah pada perangkat hard disk. Umumnya ini akan terlihat ketika kamu mengakses sistem untuk membuka program, mencari file, ataupun menyimpan sebuah dokumen.

3. BLUE SCREEN  

 

Saat menginstal ulang, sering  terjadi blue screen secara tiba-tiba muncul saat proses booting, sehingga hard disk kamu mungkin bermasalah dan perlu segera diperbaiki dengan mematikan perangkat.

4. SUARA BISING

Jika kamu mendengar suara bising saat menggunakan perangkat pc kamu, mungkin ada masalah dengan hard disk kamu. Lebih baik berhenti menggunakannya untuk sementara waktu untuk menghindari kerusakan  lebih lanjut.

Penutup

Setelah membaca ciri - ciri hard disk yang bermasalah yang tercantum di atas, kamu mungkin telah belajar bagaimana mengetahui apakah hard disk kamu rusak atau tidak. Jika kamu menemukan bahwa hard disk kamu bermasalah dan mengalami kerusakan, kamu sebaiknya segera mengganti hard disk kamu dengan yang normal (tidak rusak).

Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang Ciri - Ciri Hard Disk Yang Bermasalah. Jika kamu memiliki keraguan, pertanyaan, atau bahkan saran, silakan beri komentar di bagian komentar yang disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url