6 Hal Tentang Solid State Drive (SSD)

Ternyata banyak orang yang belum mengetahui tentang solid state drive atau yang biasa disebut dengan SSD.

Apasih SSD itu?

SSD, ataupun solid state drive, merupakan tipe fitur penyimpanan yang digunakan di pc. Media penyimpanan non- volatil ini menaruh informasi persisten pada memori flash solid- state. SSD mengambil alih hard disk drive( HDD) tradisional di pc serta memiliki fungsi yang sama semacam hard drive. Namun SSD secara signifikan lebih cepat dibanding dengan SSD, penggunaan dari SSD ini akan membuat sistem operasi kamu booting lebih cepat, membuka program ataupun aplikasi akan menjadi lebih cepat, serta dapat membaca ataupun menyimpan file lebih cepat.

Sebelum kamu mengganti hard disk drive lama mu menjadi solid-state drive, ada baiknya kamu untuk mengetahui terlebih dahulu tentang solid-state drive. Pada artikel kali ini akan membahas 6 hal tentang solid-state drive (SSD).

Background photo created by benzoix - www.freepik.com

Berikut ini merupakan 6 hal tentang Solid State Drive (SSD) yang perlu kamu ketahui :

1. MAHAL

SSD cenderung sama dengan harga mahal, perihal ini disebabkan pembuatan suatu flash memori memakan bayaran yang lebih mahal. Tidak hanya itu, teknologinya pula terkategori baru. SSD ialah suatu produk baru yang harganya akan turun dengan seiring waktu berjalan.

2. TRIM

Trim ialah sesuatu guna dari SSD yang membolehkan informasi terhapus pada sistem yang sama, maksudnya pada hardisk akan menjadi overwriting yang hendak memunculkan sampah data dalam sistem informasi, sebaliknya pada SSD yang mempunyai fitur trim hendak menghapus informasi berbentuk sampah data tanpa tersisa sehingga SSD akan menjadi lebih kencang/cepat dalam memproses.

3. ISI SSD

SSD tidak mengandung komponen mekanis kompleks yang sama seperti hard drive. Jika kita melihat komponen RAM, maka bentuk komponennya sama dengan SSD, karena komponen SSD hanya terdiri dari kumpulan memori yang terpasang pada board.

4. KECEPATAN SSD

SSD tidak mempunyai mekanik yang rumit semacam hardisk, serta tidak mempunyai putaran spindle seperti hardisk. Sehingga kecepatan suatu SSD dapat mengirit waktu sampai 10- 20 detik kala proses booting dari pada hardisk yang dapat memakan waktu lebih dari 30 detik.

5. SSD LEBIH AMAN

SSD lebih aman dari pada hard disk. Pasalnya, SSD yang tidak memiliki mekanisme apapun membuat media penyimpanan ini tangguh atau tahan guncangan. Jika terbanting, hard drive akan rusak dan kamu jelas tidak akan dapat mengakses datanya lagi. Lalu, SSD juga tahan terhadap suatu getaran.

6. JENIS SSD

SSD memiliki dua jenis memori: MLC dan SLC. SLC mengacu pada sel tingkat tunggal yang  menyimpan bit data dalam sel memori, dan MLC mengacu pada sel multi-level yang  menyimpan dua bit data dalam sel memori.

Penutup

Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang 6 Hal Tentang Solid State Drive (SSD). Jika ada keraguan, pertanyaan, atau saran, silakan komentar di bagian komentar yang telah disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url