Macam-macam Bidang Pandangan dan Gerakan Kamera dalam Perekaman Gambar

Perekaman gambar merupakan suatu proses yang cukup penting dalam bidang produksi film, televisi, atau fotografi. Dalam proses ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah bidang pandangan dan gerakan kamera yang digunakan.

Bidang Pandangan :

1. ELS (Extreme Long Shot)

Extreme Long Shot, mempresentasikan aspek pandangan yang amat luas, kamera menangkap keseluruhan pandangan. Objek utama dan objek lain tampak sangat kecil dalam kaitannya dengan latar belakang.

2. LS (Long Shot)

Long Shot, mempresentasikan aspek pandang yang lebih dekat daripada Extreme Long Shot, yang mana objek masih didominasi oleh latar belakang yang lebih luas.

3. MLS (Medium Long Shot)

Medium Long Shot, yang mana mempresentasikan aspek dari pandangan yang lebih dekat dari pada long shot, biasanya objek manusia ini sendiri ditampilkan dari atas lutut sampai di atas kepala.

4. MS (Medium Shot)

Di sini objek menjadi lebih besar dan dominan, objek manusia ditampilkan dari atas pinggang hingga di atas kepala. Latar belakang tetap terlihat proporsional dengan objek utama.

5. MCU (Medium Close Up)

Medium Close UP, Benda tersebut diperlihatkan dari bagian dada hingga puncak kepala. Medium Close UP ini paling sering dipakai di televisi.

6. CU (Close UP)

Close UP Shot, objek adalah point of interest utama dalam bidikan ini, latar belakang tampak sangat sedikit. Untuk objek manusia, wajah biasanya sering ditampilkan dari bagian bahu hingga bagian ke atas kepala.

7. BCU ( Big Close Up)

Big Close UP Shot yang memperlihatkan bidang tertentu dari badan manusia. Objek memenuhi seluruh layar dan detailnya cukup jelas.

8. ECU ( Extreme Close Up)

Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Objek memenuhi seluruh layar dan jauh lebih jelas dengan sangat detail.

Gerakan Kamera :

1. Pan

Panning merupakan sebuah pergerakan kamera, yang mana pergerakan secara horizontal (mendatar) dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

  • Pan right (kamera bergerak memutar ke kanan).
  • Pan left (kamera bergerak memutar ke kiri).

2. Tilt

Tilting merupakan pergerakan dari kamera secara vertical, yang mana mendongak dari bagian bawah ke atas atau sebaliknya.

  • Tilt up : mendongak ke atas.
  • Tilt down : mendongak ke bawah.

3. Dolly

Track adalah gerakan di atas tripod atau dolly mendekati atau menjauhi subyek.

  • Dolly in : mendekati subyek.
  • Dolly out : menjauhi subyek.

4. Pedestal

Pedestal merupakan pergerakan dari kamera, yang mana di atas pedestal yang dapat dinaik turunkan. Untuk saat ini banyak dipakai Porta-Jip Traveller.

  • Pedestal up : kamera dinaikan.
  • Pedestal down : kamera diturunkan.

5. Crab

Crab merupakan sebuah pergerakan dari kamera, yang mana bergerak secara lateral atau menyamping, dan berjalan sejajar dengan subyek yang sedang berjalan.

  • Crab left (bergerak ke kiri).
  • Crab right ( bergerak ke kanan). 

6. Arc

Arc merupakan sebuah pergerakan dari kamera, gerakannya sendiri memutar mengitari obyek dari bagian kiri ke kanan atau sebaliknya.

7. Zoom

Zoom adalah gerakan lensa zoom mendekati atau menjauhi obyek secara optic, dengan mengubah panjang focal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya.

  • Zoom in : mendekatkan objek dari jarak jauh ke jarak dekat.
  • Zoom out : menjaga objek dari jarak dekat hingga tembakan jauh.

Penutup

Ketahui bidang pandangan dan gerakan kamera yang tepat akan membuat perekaman gambar menjadi lebih baik dan menarik. Hal ini akan membuat penonton merasa lebih terlibat dalam cerita yang ditampilkan. Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang teknik perekaman gambar, silahkan mengunjungi blog kami dan temukan berbagai artikel yang menarik tentang teknik perekaman gambar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url