Kotlin Untuk Aplikasi Android

Aplikasi perangkat mobile sendiri biasanya memerlukan waktu proses pengembangan yang bisa dibilang lebih cepat.

Oleh karena itu, dengan banyaknya jenis perangkat seluler, pengembang perlu memastikan bahwa aplikasi mereka berjalan dengan baik di semua perangkat.

Dengan semua fitur yang ditawarkan Kotlin, Kotlin memenuhi semua kebutuhan dalam pengembangan aplikasi seluler.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dengan mengembangkan aplikasi Android bersama Kotlin:

  • Compatibility : Kotlin sepenuhnya kompatibel dengan JDK 6. Ini memastikan bahwa aplikasi yang dibuat dengan Kotlin dapat berjalan di perangkat Android lama tanpa adanya sebuah masalah. Bahkan Android Studio juga mendukung penuh dalam pengembangan dengan bahasa Kotlin ini.
  • Performance : Dengan adanya struktur bytecode yang sama dengan Java, maka aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Kotlin dapat berjalan setara dengan aplikasi yang dibangun dengan Java juga. Ada pun fitur seperti fungsi inline di Kotlin yang mana dapat membuat kode yang ditulis dengan lambda berjalan lebih cepat daripada kode yang sama seperti yang ditulis di Java.
  • Interoperability : Semua library Android yang tersedia saat ini, tentu dapat digunakan juga di Kotlin.
  • Compilation Time : Kotlin juga mendukung kompilasi inkremental yang efisien. Oleh karena itu, dalam melakukan proses build biasanya sama atau lebih cepat dari Java.

Ada juga kumpulan alat yang membuat pengembangan aplikasi Android dengan Kotlin lebih produktif, seperti berikut ini:

  1. Kotlin Android Extensions : Ini adalah ekstensi yang memungkinkan Anda untuk menyingkirkan panggilan findViewById() saat mengikat tampilan dalam kode Anda. Tentu ini akan menggantikan properti yang dihasilkan oleh compiler sintetis.
  2. Anko : Sebuah library yang menyediakan kumpulan wrapper untuk API Android, serta DSL (Domain Spesific Language) yang memungkinkan Anda mengganti file .xml layout Anda dengan kode Kotlin.
  3. Android KTX : Android KTX dapat membuat pengembangan dari aplikasi Android dengan Kotlin menjadi lebih ringkas, menyenangkan, serta idiomatis berkat fitur Kotlin.

Perkembangan Kotlin di Android bisa dibilang sangat cepat. Bahkan di ajang Google I/O 2019, Google mengumumkan Kotlin First!, yang menjadikan Kotlin sebagai bahasa pemrograman nomor 1 (satu) untuk Android. Hampir semua pembaruan di Android saat ini menggunakan Kotlin dalam dokumentasi. Tim Android juga merilis Android Jetpack yang merupakan kumpulan library yang dapat digunakan untuk memanfaatkan fitur bahasa Kotlin yang lebih canggih. Semua dokumentasi juga disediakan dengan sangat jelas dan lengkap di https://developer.android.com/kotlin/ atau https://kotlinlang.org/docs/reference/android-overview.html.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url