Cara Agar Website Selalu Redirect ke HTTPS di InfinityFree

Biasanya setelah menginstal SSL berbayar atau gratis di penyedia hosting, kamu perlu mengarahkan ulang situs web ke protokol HTTPS. Sehingga pengunjung yang mengakses website kamu, akan otomatis diarahkan ke HTTPS secara default.

Misalnya, sebelum menginstal SSL untuk mengakses situs web kamu di browser menggunakan http://web-kamu.com. Namun, setelah menginstal SSL, pengunjung secara otomatis akan diarahkan ke https://web-kamu.com. Bagaimana caranya? Mudah kok! Yang perlu kamu lakukan yaitu membuat file .htaccess.

 

Note: Pastikan situs web kamu dapat diakses setelah SSL diinstal. Jadi, coba cek dulu apakah website kamu sudah bisa diakses dengan https. Caranya, tulis https:// lalu nama domain kamu. Misalnya https://web-kamu.com di browser web. Jika berhasil, silakan ikuti panduan ini. Jika gagal, berarti ada yang salah dalam instalasi SSL. Coba cek lagi apakah sudah sesuai atau belum.


Cara Mengarahkan/Redirect HTTP ke HTTPS

1. Login layanan hosting dari InfinityFree

Login ke akun kamu melalui https://app.infinityfree.net/login


Kemudian masuk ke hosting akun, setelah itu pilih File Manager.


2. Kemudian masuk folder htdocs

Htdocs ini adalah folder yang merupakan tempat file website kamu. Untuk mengarahkan HTTP ke HTTPS maka kamu dapat menambahkan file. Didalam folder htdocs buat file baru atau unggah file baru, nama file baru tersebut adalah ".htaccess".


3. Buat/unggah file .htaccess

Pada tahap ini saya sarankan saja untuk buat file baru. Untuk membuat file baru .htaccess kamu dapat mengeklik tanda "+" seperti gambar dibawah, kemudian klik New File. Setelah ini masukkan nama file .htaccess


Maka akan tampil text editor yang masih kosong seperti gambar dibawah, di text editor tersebut kamu akan menuliskan beberapa baris perintah untuk mengarahkan HTTP ke HTTPS.


4. Tulis perintah redirect

Pada tahap ini kamu dapat menuliskan perintah untuk redirect HTTP ke HTTPS, untuk perintahnya sendiri tidak panjang, hanya 3 baris saja. Tambahkan baris berikut ini pada text editor dari file .htaccess

RewriteEngine On 
RewriteCond %{HTTPS} off 
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]


Setelah itu klik Save dan kamu bisa klik Close saja. Tunggu beberapa detik sampai proses penyimpanan atau loading selesai.

Note: jika kamu masih menggunakan HTTP dan kamu telah mengirimkannya ke Alat Webmaster Google, setelah perubahan ke HTTPS ini, saya sarankan untuk mengirim ulang. Ini agar Google dapat mengindeks konten dengan URL baru dan menampilkan URL baru dalam hasil pencariannya.


Bagaimana Jika Ingin Mengubah Ke HTTP Kembali?

Jika kamu ingin mengubah HTTPS ke HTTP lagi, caranya mudah. Hapus saja perintah di file .htaccess tadi atau kamu bisa hapus file .htaccess. Cukup mudah, tapi saya sarankan untuk tetap HTTPS saja.

Redirect HTTP ke HTTPS memang merupakan aktivitas yang harus dilakukan sebelum kamu menginstal aplikasi lain di website, hal tersebut guna menjaga keamanan data kamu dan pertukaran data yang terjadi sesudahnya. Selain itu, URL situs web dengan HTTPS juga dapat meningkatkan peringkat situs web kamu di mesin pencari karena keamanan situs web merupakan salah satu penilaian penting yang dilakukan oleh Google saat menentukan peringkat.

Itu dia Cara Agar Website Selalu Redirect ke HTTPS di InfinityFree, mudah bukan? Demikian pembahasan dari artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, serta semoga berhasil. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url