Cara Extract File RAR dan ZIP di Hosting

Saat ini sudah banyak penyedia hosting yang menawarkan berbagai fitur dan harga yang cukup murah. Sebagai pengguna tentu hal ini sangat menguntungkan, karena akan ada banyak sekali pilihan, entah karena harganya yang murah, atau mencari fitur yang minimalis, atau mencari fitur bandwidth yang beragam. Semuanya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Masalahnya adalah beberapa host tidak menyediakan Cpanel atau sejenisnya dan/atau fungsi dan metode untuk mengekstrak file terkompresi sebelum mengunggah. Biasanya, host seperti itu perlu diakses menggunakan perangkat FTP untuk melakukan fungsi unggah dan unduh file. Tidak lucu jika harus mengupload file satu per satu, apalagi jika web project kamu memiliki banyak file, karena selain resiko beberapa file tidak terupload, akan memakan waktu yang lama.

Untungnya, masih banyak orang baik di dunia ini yang mau berbagi manfaat untuk orang lain. Jadi saya menemukan skrip PHP beberapa waktu lalu yang sangat berguna untuk membuka ataupun mengekstrak file dalam operasi hosting virtual. Ini disebut Unzipper dan ditemukan di github. Mengapa bermanfaat dan mudah? Karena cara penggunaannya sangat sederhana, upload ke host kamu, lalu buka file yang dipanggil dengan alamat nama domain kamu (misalnya www.web-kamu.com/unzipper.php), lalu pilih yang kamu butuhkan, misalnya Unzip Archive. Setelah itu akan tampil notifikasi Files unzipped successfully, seperti pada gambar dibawah ini.

Link download unzipper :

Secara otomatis, file terkompresi zip ataupun rar kamu akan didekompresi di host. Sederhana bukan? Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke teman dan grup kamu untuk menambah wawasan mereka. Terima kasih.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Eki
    Eki August 12, 2022 at 8:16 PM

    Alhamdulillah, jadi gak ribet upload file website satu satu

Add Comment
comment url