Algoritma Google Dari Tahun 2010 Hingga 2021

Algoritma pencarian Google diperbarui beberapa kali dalam setahun. Sebagian besar perubahan ini hanya tweak kecil. Namun, pembaruan "inti" terkadang diumumkan jauh sebelum dirilis untuk memberi kesempatan kepada webmaster untuk mempersiapkan dan mengoptimalkannya. Cara termudah untuk mempersiapkan dan memanfaatkan pembaruan algoritme Google adalah dengan melihat dokumentasi SEO Google.

Secara umum, jika Anda dapat mengoptimalkan situs Anda dari bawah ke atas untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dan memberikan pengalaman hebat bagi pengguna dan bot, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang kekakuan ini. Di bawah ini adalah riwayat berbagai pembaruan algoritma Google. Ini mungkin informasi yang berguna untuk Anda.


Algoritma Google

Algoritme Google beroperasi dalam sistem yang kompleks untuk memberikan jawaban atas kueri penelusuran dengan cara terbaik. Setiap algoritme Google menggunakan seperangkat aturan dan menggabungkan data dalam indeksnya. Menghitung halaman mana yang merupakan jawaban terbaik untuk permintaan pencarian, mesin pencari kemudian akan menggunakan sinyal peringkat untuk mengatur halaman-halaman ini secara hierarkis berdasarkan relevansinya di SERP.


Di bawah ini adalah daftar pembaruan algoritme Google selama 10 tahun terakhir, bersama dengan ringkasan singkat tentang arti setiap pembaruan bagi webmaster dan pengguna.

1. Caffeine Index Update - Tahun 2010

Pada tahun 2010 tepatnya bulan Juni, Google meluncurkan sebuah sistem pengindeksan kafein yang baru. Sistem pengindeksan baru ini dibuat untuk mempercepat hasil pencarian pengguna, serta dapat membantu situs web melihat konten mereka lebih cepat.

Perubahan algoritma ini adalah hasil dari upaya bersama untuk mempercepat kecepatan internet dan memenuhi permintaan jaringan yang berkembang pesat. Walaupun pembaruan Indeks Kafein ini tidak menyertakan faktor peringkat baru. Namun, pembaruan ini memungkinkan Google untuk mengindeks lebih banyak konten di web, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.


2. Penguin Update - Tahun 2012

Pembaruan algoritma Penguin ditargetkan pada situs dengan strategi pembuatan tautan manipulatif. Google menyebutnya sebagai "Pembaruan Algoritma Spam Internet." Berkat pembaruan ini, algoritme dapat mengidentifikasi apakah tautan yang kembali ke halaman tertentu adalah sah atau spam. Pembaruan Penguin menjadi cara untuk melawan teknik SEO topi hitam. Membuat situs web yang menggunakan tautan manipulatif ini akan menyebabkan lalu lintas dan peringkat organik mereka turun. Setelah Penguin, ketidakpatuhan terhadap pedoman webmaster Google akan mengakibatkan hukuman peringkat.


3. Venice - Tahun 2012

Pembaruan algoritme ini meningkatkan hasil pencarian untuk produk dan layanan yang secara geografis dekat dengan pencari. Tentunya mereka bisa berharap untuk dapat menemukan hasil di kota mereka. Hal ini sangat membantu bisnis lokal dalam menarik wisatawan.


4. Pirate - Tahun 2012

Pembaruan algoritme ini diperkenalkan untuk mencegah halaman yang melaporkan pembajakan dari peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian Google. Mereka akan memverifikasi situs web apa pun yang dilaporkan melanggar karena melanggar Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Apabila situs Anda melanggar DMCA, maka Google dapat memverifikasinya, secara signifikan peringkatnya dalam hasil pencarian organik akan turun.


5. Hummingbird - Tahun 2013

Hummingbird sangat memengaruhi pengalaman mesin pencari. Pembaruan ini memungkinkan Google untuk lebih memahami maksud pencarian. Permudah pengguna untuk menemukan halaman yang paling relevan untuk menjawab pertanyaan mereka. Pakar SEO didorong untuk lebih memahami maksud pencarian di balik kata kunci tertentu dan mencoba mengoptimalkannya.


6. Pigeon - Tahun 2013

Pembaruan ini berfokus pada peningkatan pencarian lokal. Pigeon bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara algoritma pencarian lokal Google dan algoritma jaringan Google untuk meningkatkan parameter peringkat berdasarkan kedekatan fisik. Bisnis lokal merasakan dampak yang sangat besar. Permudah bisnis kecil untuk menjangkau audiens lokal. Ada juga fitur komentar dan rating, yang sangat membantu para pencari.


7. HTTPS/SSL - Tahun 2014

Pada pembaruan HTTPS/SSL merupakan bagian dari sebuah kampanye "HTTPS Everywhere" Google. Buat Internet yang lebih aman. Pembaruan ini dapat membantu memastikan bahwa pengguna dapat mengunjungi situs web yang terpercaya, serta tidak terpengaruh oleh hasil penelusuran. Dalam pembaruan kali ini, Google telah memperbarui HTTPS menjadi sebuah sinyal peringkat ringan yang dapat diikuti oleh webmaster.


8. Mobilegeddon - Tahun 2015

Pembaruan "ramah seluler" ini dirilis pada bulan April tahun 2015. Mobilegeddon sendiri adalah pembaruan besar yang paling pertama dari rencana "pertama seluler" Google. Agar sebuah halaman dianggap mobile-friendly, persyaratan dari visual tertentu harus dipenuhi. Hal ini menjadi sebuah sinyal peringkat baru. Halaman situs web yang menyajikan versi mobile-friendly dari situs web mereka akan lebih diprioritaskan dalam hasil pencarian. Hal ini hanya berlaku untuk satu halaman saja, tidak untuk seluruh situs web.


9. Rankbrain - Tahun 2015

Pada pembaruan RankBrain ini memperkenalkan kecerdasan buatan pembelajaran mesin baru, hal ini bertujuan untuk membantu menentukan hasil dari pencarian yang paling relevan. Dengan model interpretasi, model mampu menerapkan kombinasi faktor apa pun seperti halnya lokasi, serta jumlah kata untuk menentukan maksud dan memberikan sebuah hasil yang paling relevan.


10. Possum - Tahun 2016

Pembaruan dari Possum ini meningkatkan hasil dari pencarian lokal. Perusahaan yang terletak di luar batas kota sebenarnya dari lokasi tertentu sangat sulit untuk disortir. Tentunya pembaruan ini dapat memperbaiki masalah yang ada. Jadikan lokasi fisik pencari lebih penting. Ini adalah pembaruan SEO lokal yang penting. Google meninggikan filter berdasarkan alamat serta lokasi.


11. Intrusive interstitial Update - Tahun 2017

Pada tahun 2017 lalu, Google telah memperbarui Algoritmanya, agar dapat mengurangi apa yang disebut iklan interstisial yang cukup mengganggu. Dalam bentuk jendela pop-up besar, seperti halnya iklan yang menutupi sebagian besar dari halaman. Google sendiri menjelaskan bahwa tujuan dari pembaruan adalah agar meminimalkan spam dan meningkatkan SEO. Sebagai hasil dari pembaruan ini, iklan interstisial yang cukup mengganggu menjadi penalti peringkat SEO.


12. Mobile Page Speed Update - Tahun 2018

Pembaruan Mobile Page Speed ini menjadikan kecepatan halaman seluler sebagai faktor peringkat dalam hasil pencarian dari seluler. Situs web via laman seluler yang sangat cepat tentu berkinerja lebih baik dalam hasil penelusuran. Dan halaman yang lambat tentu kehilangan peringkatnya.


13. Medic - Tahun 2018

Pembaruan medic ini meningkatkan pengakuan dari keahlian, otoritas, serta kepercayaan (EAT) dalam konten online. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi EAT sendiri. Jika situs web Anda mempunyai sedikit ulasan serta tautan balik, konten yang jarang, pembaruan yang jarang, atau bahkan tidak ada profil bisnis dan penulis konten yang komprehensif, maka hal ini adalah sebuah masalah. Kemungkinan halaman telah didorong ke bawah dalam hasil pencarian.


14. BERT Update - Tahun 2019

Algoritma BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) merupakan sebuah sistem pembelajaran mesin dari pemrosesan bahasa alami. Yang mana dapat membantu mesin pencari memahami arti kata dalam kalimat untuk manusia. Hal ini memungkinkan Google memahami kueri penelusuran serta menentukan konten mana yang lebih berkualitas dan lebih relevan.


15. Featured Snippet - Tahun 2020

Jika halaman situs web Anda mendapatkan cuplikan yang dipilih untuk kueri tertentu serta juga menempati peringkat kedua, URL Anda akan dihapus dari daftar ini. Karena Google sendiri memutuskan untuk memasukkan cuplikan unggulan sebagai salah satu dari 10 tautan yang ditampilkan di halaman SERP.


16. Passage Ranking - Tahun 2021

Pembaruan Passage Ranking ini memungkinkan Google untuk memberi peringkat pada bagian tertentu dari sebuah halaman dalam hasil pencariannya. Google sekarang dapat mengekstrak beberapa konten Anda dan memeringkatnya secara independen dari sisa halaman. Bentuk-bentuk tertentu dari SEO on-page kian berharga, seperti judul.


17. Product Review - Tahun 2021

Pembaruan ini selanjutnya akan memberi penghargaan pada sebuah halaman dengan ulasan berdasarkan penelitian dan analisis mendalam. Sebelumnya, ulasan dengan isi konten yang ringkas, berpola, dan berbasis ringkasan dengan mudah mendapat peringkat tinggi dalam pencarian Google sendiri.


18. Page Experience Update - Tahun 2021

Pembaruan ini mengimbuhkan tiga vital inti jaringan baru. Gambar konten terbesar, penundaan input pertama, serta pergeseran tata letak kumulatif ke faktor peringkat pengalaman dari halaman, yang sebelumnya meliputi keramahan seluler, keamanan, penjelajahan aman, serta iklan pengantara yang cukup mengganggu. Tiga sinyal pengalaman halaman baru ini mengukur kecepatan pemuatan dari situs web, responsivitas, serta stabilitas visual untuk sepenuhnya mengukur pengalaman pengguna.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url