Peningkatan Produktivitas Tim Desain Anda dengan Figma: Fitur, Harga, dan Keunggulan

Bagaimana kamu dan tim desainer lainnya bekerja bersama di layar yang sama? Mungkin kamu sudah mencoba aplikasi kolaborasi tim tetapi tidak berhasil, dan bingung cara menggunakannya.

Nah Figma menjadi salah satu pilihan yang wajib kamu coba, tahukah kamu apa itu Figma? Sebenarnya masih banyak aplikasi serupa untuk berkolaborasi dalam desain bersama seperti Sketch, Adobe XD, Framer, Marvel, UXPin dan lain-lain.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas Figma dari segi fungsi, fitur, harga dan kelebihan dibandingkan aplikasi sejenis.

Apa Itu Figma?

Figma adalah aplikasi desain dan prototipe berbasis web yang menghubungkan semua tim dalam proses desain sehingga menghasilkan hasil terbaik.

Terdapat beberapa tagline dari Figma, yaitu sebagai berikut : 

  • Tidak ada yang hebat yang dipikirkan sendiri
  • Tidak ada yang hebat yang dirancang sendiri
  • Tidak ada yang hebat yang dibangun sendiri
  • Tidak ada yang hebat yang dibuat sendiri

Kesimpulannya, tidak ada yang hebat yang dipikirkan, dirancang, dibangun dan dibuat sendiri, semua butuh kerja sama dengan tim. Saya setuju dengan pernyataan Figma bahwa dengan kerja sama antar tim kita akan mampu menghasilkan karya yang lebih baik.

Figma seolah menjadi solusi bagi para desainer untuk bisa saling berkolaborasi, terutama bagi tim yang tidak bekerja sama dalam satu kantor. Apalagi sekarang tren bekerja WFH atau remote semakin meningkat, sehingga aplikasi ini menjadi salah satu list yang wajib kamu gunakan dalam berkomunikasi dalam sebuah tim.

Kamu dapat bekerja sama dan memberikan umpan balik tentang pekerjaan rekan satu tim secara real time. Saat ini, Figma banyak digunakan untuk desain UI UX, mulai dari aplikasi, website atau desain antarmuka lainnya.

Fitur Figma?

Setelah mengetahui apa itu Figma, tahukah kamu bahwa keunggulan utama Figma terletak pada kemudahannya untuk berkolaborasi dengan rekan satu tim? Pembahasan selanjutnya mengenai fitur-fitur Figma yang dapat memudahkan kolaborasi.

Berikut ini merupakan fitur-fitur dari Figma:

  • Modern pen tool. Fitur ini membantu kamu menggambar dalam berbagai arah dan bentuk dengan jaringan vektor. Tidak perlu terhubung ke titik awal, kamu bebas mengedit sesuai kebutuhan.
  • Instant arc. Memudahkan kamu dalam mendesain lingkaran, busur, diagram dengan bantuan busur instan, sehingga tidak perlu takut desain tidak lurus.
  • OpenType. Fitur kustomisasi font tingkat lanjut yang membantu kamu dalam mendesain.
  • Less manual resizing. Sebuah fitur yang memudahkan desainer untuk mengubah ukuran teks dengan mudah.
  • Stretch to fill. Pengaturan tata letak otomatis yang responsif dan lebih mudah.
  • Design speaks development. Pengaturan padding, arah, spasi langsung diterjemahkan dalam kode skrip.
  • Easy development. Hasil dari desain yang dibuat untuk website sangat mudah untuk dikembangkan nantinya, sehingga kedepannya dapat dilanjutkan oleh desainer lainnya.
  • Plugin support. Figma tidak berdiri sendiri, karena desainnya membutuhkan banyak stok gambar, diagram alir, warna, bagan dan ikon, dll. Figma menyediakan plugin.
  • Private plugin for company. Plugin pribadi yang tersedia untuk perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk private plugin tidak bisa dijelaskan seperti apa, tapi tentunya bisa disesuaikan dengan masing-masing perusahaan.

Keunggulan Figma

Selain fitur kolaborasi yang menjadi keunggulan pertama Figma, masih ada beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi sejenis.

Berikut ini merupakan keunggulan-keunggulan dari Figma:

1. Kemudahan dalam membuat desain

Figma merupakan kombinasi dari aplikasi kolaborasi desain yang sudah ada sebelumnya. Fitur desainnya dibuat sangat modern, misalnya fitur modern dari pen tool, kamu tidak perlu menghubungkan lagi di titik awal garis. Contoh lain ketika kamu akan membuat desain lingkaran, tersedia fitur Arc Instan yang memudahkan untuk membuat bentuk lingkaran. Tersedia juga fitur OpenType, yang mana digunakan untuk mendesain font.

2. Kemudahan membuat prototipe

Walaupun sudah banyak aplikasi untuk membuat prototype/mockup lainnya, Figma tetap menjadi pilihan. Sekarang diambil dari blog webflow.com, nomor satu masih ditempati oleh Figma, yang kedua adalah InVision Studio dan yang ketiga adalah Adobe XD. Fitur prototipe memudahkan desainer untuk membuat prototipe desain dengan rekan satu tim. Kemudian kamu dapat dengan mudah membagikannya dengan klien untuk menerima umpan balik tentang desain. Tidak perlu beralih ke aplikasi lain, cukup bagikan dan dapat dilihat serta juga berkomentar secara langsung.

3. Sistem desain

Keunggulan Figma adalah dari segi desain sistem yang lebih mudah. Kamu dapat mengelola siapa yang dapat berkontribusi untuk berkolaborasi dalam desain, pengeditan, dan tampilan. Dalam hal pengelolaan aset juga lebih baik karena kamu dapat dengan mudah menemukan dan mengakses semua aset yang kamu miliki.

Harga Figma

Jika kamu tertarik untuk mencoba menggunakan Figma, kamu dapat mencoba paket gratisnya terlebih dahulu. Jika sudah cocok, baru upgrade ke paket berbayar.

List Harga Figma

Berikut ini merupakan harga paket dari Figma:

1. Starter

Starter adalah paket gratis dari Figma yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Paket ini memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dengan tiga editor dan tiga proyek desain. Untuk masalah file dan kolaborasi yang tidak terbatas, selain itu juga terdapat fitur plugin dan template.

2. Figma Professional

Untuk paket profesional, kamu akan mendapatkan fitur tambahan pada file tak terbatas, proyek, riwayat, izin berbagi, proyek pribadi, dan juga percakapan audio. Dengan biaya bulanan sebesar $15 per bulan, tentu saja, fitur yang akan kamu nikmati sepadan. Jadi paket professional ini cocok untuk kamu para desainer yang memiliki banyak proyek untuk dikerjakan, tentunya sangat mudah jika kamu hanya menyisihkan 15$.

3. Figma Organization

Paket terakhir adalah paket organisasi, biayanya 45$ per bulan. Fitur yang kamu dapatkan tentunya paling lengkap dibandingkan dengan paket sebelumnya, kamu bisa melihat detailnya pada gambar di atas agar lebih jelas.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Peningkatan Produktivitas Tim Desain Anda dengan Figma: Fitur, Harga, dan Keunggulan. Apabila saat ini kamu masih kesulitan berkolaborasi dengan tim yang kurang bagus, coba gunakan Figma.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url