Cara Membuat Model 3D Tv dan Sofa di Blender

Membuat Televisi

Lakukan scale x, y, z sesuai keinginan dengan menggunakan shortcut s+x atau s+y atau s+z.

Gambar 1. Melakukan scale untuk ukuran tv
Gambar 1. Melakukan scale untuk ukuran tv

Setelah itu masuk edit mode seperti gambar 2, lalu tekan ctrl+r untuk menambah garis vertex seperti gambar 3, lalu pilih face select seperti gambar 4.

Gambar 2. Melakukan edit mode
Gambar 2. Melakukan edit mode

Gambar 3. Menambah garis vertex
Gambar 3. Menambah garis vertex

Gambar 4. Melakukan face select
Gambar 4. Melakukan face select

Setelah itu select bagian yang menjadi layar dari tv, lalu tekan shortcut e untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam edit mode.

Gambar 5. Melakukan extrude
Gambar 5. Melakukan extrude

Lalu tambahkan objek baru sebagai tombol power tv, yaitu objek torus.

Gambar 6. Menambahkan objek baru/tombol power tv
Gambar 6. Menambahkan objek baru/tombol power tv

Lalu scale z untuk menipiskan tombol power tersebut.

Gambar 7. Melakukan scale z untuk tombol power
Gambar 7. Melakukan scale z untuk tombol power

Lalu lakukan scale untuk memperkecil tombol dengan shortcut s.

Gambar 8. Melakukan scale untuk memperkecil tombol power
Gambar 8. Melakukan scale untuk memperkecil tombol power

Lalu lakukan transform atau ubah posisi maupun rotasi hingga seperti gambar 9.

Gambar 9. Melakukan rotasi dan mengubah lokasi
Gambar 9. Melakukan rotasi dan mengubah lokasi

Setelah itu lakukan select cube kemudian edit mode, lalu tekan ctrl+r untuk menambahkan gagang tv.

Gambar 10. Menambahkan gagang tv
Gambar 10. Menambahkan gagang tv

Lalu select bagian bawah gagang dan tekan shortcut e kemudian z untuk memanjangakn gagang tv.

Gambar 11. Memanjangkan gagang tv
Gambar 11. Memanjangkan gagang tv

Lalu tekan shortcut e lagi kemudian tekan shortcut s untuk scale bagian bawah gagang. Lalu tekan e lagi untuk mempertebal sedikit alas dari gagang tv.

Gambar 12. Menambahkan alas gagang tv
Gambar 12. Menambahkan alas gagang tv

Berikut ini merupakan tampilan televisi setelah di render image.

Gambar 13. Hasil akhir dari pembuatan televisi
Gambar 13. Hasil akhir dari pembuatan televisi

Membuat Sofa

Langkah pertamanya, langsung saja tambahkan objek baru (cube), dengan shortcut shift+a lalu pilih mesh, pilih cube.

Gambar 14. Menambahkan objek baru
Gambar 14. Menambahkan objek baru

Lalu tekan shortcut s kemudian z untuk mempertipis cube.

Gambar 15. Mempertipis objek
Gambar 15. Mempertipis objek

Lalu tekan shortcut s lalu tekan y untuk memperpanjang objek.

Gambar 16. Memperpanjang objek
Gambar 16. Memperpanjang objek

Kemudian tekan shortcut s lalu x untuk melebarkan objek.

Gambar 17. Melebarkan objek
Gambar 17. Melebarkan objek

Lalu pilih edit mode, kemudian tekan ctrl+r untuk menambah garis vertex seperti gambar 18.

Gambar 18. Menambahkan garis vertex
Gambar 18. Menambahkan garis vertex

Lalu blok potongan sebelah kanan dan kiri untuk membuat sandaran tangan. Caranya klik shift tahan lalu klik potongan kanan dan kiri, kemudian klik shortcut e dan tarik keatas sedikit seperti gambar 19.

Gambar 19. Membuat sandaran tangan
Gambar 19. Membuat sandaran tangan

Lalu lakukan hal yang sama seperti diatas, namun tahap ini untuk membuat sandaran punggung di sofa.

Gambar 20. Membuat sandaran punggung
Gambar 20. Membuat sandaran punggung

Lalu pilih modifier, pilih add modifier, pilih subdivision surface. Ini termasuk salah satu cara untuk membuat objek menjadi smooth.

Gambar 21. Menambahkan subdivision surface
Gambar 21. Menambahkan subdivision surface

Lalu ubah viewport subdivision surface menjadi 2, kemudian tekan ctrl+r untuk memperhalus lagi, silahkan atur sesuai keinginan untuk tingkat kehalusannya atau bisa coba untuk otak atik sendiri dengan menggunakan shortcut ctrl+r tersebut.

Gambar 22. Memperhalus sofa
Gambar 22. Memperhalus sofa

Setelah itu pilih face select, kemudian select bagian seperti di gambar 23, kemudian ubah sumbu z menjadi 2, sehingga dudukan lebih berisi atau terlihat empuk.

Gambar 23. Memilih face select dan meng-select bagian duduk
Gambar 23. Memilih face select dan meng-select bagian duduk

Bagian yang di select terlihat lebih empuk.

Gambar 24. Setelah sumbu z median diubah menjadi 2
Gambar 24. Setelah sumbu z median diubah menjadi 2

Begitu juga dengan sandaran punggung, caranya sama dengan meng-select lalu ubah sumbu x menjadi -0,3 maka sandaran punggung terlihat lebih empuk juga.

Gambar 25. Setelah sumbu x median diubah menjadi -0,3
Gambar 25. Setelah sumbu x median diubah menjadi -0,3

Berikut tampilan dari camera view.

Gambar 26. Tampilan dari camera
Gambar 26. Tampilan dari camera

Berikut tampilan sofa setelah di render image.

Gambar 27. Hasil akhir dari pembuatan sofa
Gambar 27. Hasil akhir dari pembuatan sofa

Berikut merupakan hasil akhir dari kedua objek, yaitu televisi (peralatan rumah tangga) dan sofa (furniture).

Gambar 28. Hasil akhir dari televisi dan sofa
Gambar 28. Hasil akhir dari televisi dan sofa
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url