Contoh Program Fungsi Berpangkat Dengan menggunakan C++

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat sebuah program yang dapat menerima input dari user dan menghitung pangkat bilangan menggunakan bahasa pemrograman C++. Fungsi pangkat merupakan salah satu fungsi dasar yang sering digunakan dalam pemrograman, karena sering digunakan untuk menghitung nilai suatu bilangan yang dikuadratkan, dicubed, atau pangkat lainnya.

Untuk membuat program pangkat menggunakan C++, kita perlu menggunakan konsep fungsi, looping, dan operator aritmatika. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :

  1. Buat sebuah fungsi yang akan digunakan untuk menghitung pangkat. Fungsi tersebut harus memiliki sebuah parameter yang akan digunakan sebagai bilangan yang akan dipangkatkan, serta sebuah parameter yang akan digunakan sebagai pangkatnya.
  2. Tambahkan sebuah statement yang akan mengisi nilai dari parameter bilangan dan pangkat dengan input dari user.
  3. Buat sebuah looping yang akan dijalankan sebanyak pangkat yang diinginkan. Dalam setiap iterasi looping, kita perlu mengalikan bilangan dengan dirinya sendiri sebanyak pangkat yang diinginkan.
  4. Kemudian, tambahkan sebuah statement return untuk mengembalikan nilai hasil pangkat.

Berikut adalah contoh program lengkapnya :

#include <iostream>
using namespace std;

// Fungsi untuk menghitung pangkat
int hitungpangkat(int bilangan, int pangkat) {
int hasil = 1;
for (int i = 0; i < pangkat; i++) {
hasil = hasil * bilangan;
}
return hasil;
}

int main() {
// Mendapatkan input dari user
int bilangan, pangkat;
cout << "Masukkan bilangan: ";
cin >> bilangan;
cout << "Masukkan pangkat: ";
cin >> pangkat;

// Menghitung pangkat dengan menggunakan fungsi
cout << "Hasil pangkat: " << hitungpangkat(bilangan, pangkat) << endl;
return 0;
}

Berikut ini tampilan program ketika dijalankan :

Tampilan program saat dijalankan

Pembahasan

Pada program diatas akan meminta input dari user terlebih dahulu, kemudian menampilkan hasil pangkat bilangan yang dimasukkan oleh user. Sebagai contoh, jika user memasukkan bilangan 2 dan pangkat 3, maka akan menampilkan hasil 8, yang merupakan hasil dari 2 pangkat 3.

Penutup

Itulah cara membuat sebuah program yang dapat menerima input dari user dan menghitung pangkat suatu bilangan menggunakan bahasa pemrograman C++. Dengan menggunakan program ini, kita dapat dengan mudah menghitung pangkat suatu bilangan tanpa perlu menuliskan rumus pangkat secara manual. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url