Contoh Program Fungsi Inline Dengan menggunakan C++

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah contoh program fungsi inline menggunakan bahasa pemrograman C++. Fungsi inline merupakan sebuah cara untuk mempercepat proses pemanggilan fungsi pada program. Biasanya, saat kita memanggil sebuah fungsi, kode program akan menjalankan proses pengambilan alamat dari fungsi tersebut, kemudian menjalankan proses pengeksekusian kode pada fungsi tersebut, dan kembali lagi ke alamat yang sama setelah proses pengeksekusian selesai. Namun dengan menggunakan fungsi inline, proses pengambilan alamat dari fungsi tersebut dihilangkan, sehingga proses pengeksekusian kode pada fungsi tersebut menjadi lebih cepat.

Sebagai contoh, kita akan membuat sebuah fungsi yang digunakan untuk menghitung luas segitiga dengan menggunakan rumus : 

1/2 x alas x tinggi

Berikut adalah kode programnya :

#include <iostream>
using namespace std;

inline double luas_segitiga(double alas, double tinggi) {
return 0.5 * alas * tinggi;
}

int main() {
double alas, tinggi;
cout << "Masukkan nilai alas: ";
cin >> alas;
cout << "Masukkan nilai tinggi: ";
cin >> tinggi;
cout << "Luas segitiga adalah: " << luas_segitiga(alas, tinggi) << endl;
return 0;
}

Berikut adalah tampilan program :

Tampilan program saat dijalankan

Pembahasan

Pada kode di atas, kita membuat sebuah fungsi dengan nama "luas_segitiga" yang memiliki dua parameter, yaitu alas dan tinggi. Kemudian, kita menambahkan kata kunci "inline" pada baris ketiga untuk menandakan bahwa fungsi tersebut merupakan fungsi inline. Setelah itu, kita menuliskan rumus untuk menghitung luas segitiga dengan mengalikan 0.5 dengan alas dan tinggi, kemudian mengembalikan hasilnya dengan menggunakan return.

Pada blok main program, kita meminta input nilai alas dan tinggi dari user dengan menggunakan perintah cin, kemudian menampilkan hasil luas segitiga dengan menggunakan perintah cout dan memanggil fungsi luas_segitiga dengan mengirimkan nilai alas dan tinggi sebagai parameter.

Dengan menggunakan fungsi inline, proses pemanggilan fungsi luas_segitiga menjadi lebih cepat karena tidak perlu melakukan proses pengambilan alamat fungsi tersebut. Ini akan sangat bermanfaat jika kita memiliki program yang memanggil fungsi tersebut secara terus-menerus, sehingga dapat meningkatkan efisiensi program.

Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang contoh program fungsi inline menggunakan bahasa pemrograman C++. Semoga bermanfaat dan membantu memahami cara menggunakan fungsi inline dalam program. Jangan lupa untuk terus mempraktikkan dan mengasah kemampuan kita dalam membuat program menggunakan bahasa pemrograman C++.

Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url