5 Tren Pengembangan Perangkat Lunak Teratas Untuk Tahun 2021

Industri pengembangan Perangkat Lunak tidak pernah diam, terus berkembang dan berkedip-kedip seiring waktu. Tren dalam pengembangan Perangkat Lunak juga terus berubah seperti setiap bidang lain dari dunia inovatif kita, seperti Fashion, Pendidikan atau Musik. Setiap tahun, pengembangan perangkat lunak membawa kejutan baru bagi pengembang di seluruh dunia. Terutama, karena pandemi, 2020 telah menjadi tahun pertumbuhan dan kesuksesan bagi banyak Layanan Pengembangan Perangkat Lunak dan perusahaan.

Berikut ini merupakan 5 Tren pengembangan perangkat lunak :

1. 5G Technology

Teknologi Generasi ke-5 mungkin adalah teknologi terbaru dan paling kuat yang akan mengambil alih pada tahun 2021. Teknologi 5G memiliki antarmuka udara terpadu yang dapat menghubungkan semua orang dan segalanya. Ini dimaksudkan untuk memberikan kecepatan super 20 Gbps berdasarkan IMT-2020. Selain kecepatan data, ia memberikan kapasitas jaringan yang luar biasa dengan memperluas ke spektrum mmWave. 5G sudah ada di antara kita! Ini telah berhasil digunakan di 60+ negara dan akan terus bertambah.


2. Teknologi Cloud

COVID-19 menghapus semua keraguan atau ketidakpastian yang dimiliki seseorang untuk mengadopsi teknologi Cloud. Ini telah melampaui jumlah pengguna yang dimilikinya dari tahun lalu. Infrastruktur cloud-centric telah banyak digunakan di berbagai sektor (Pemerintah, Startup, Pertanian, Kesehatan, dan Perbankan). Saat ini, AWS adalah penyedia layanan cloud terkemuka dengan pangsa pasar 32%.


3. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) telah masuk ke dalam aktivitas manusia sehari-hari dan juga telah membuat pekerjaan jarak jauh menjadi jauh lebih layak. IoT memainkan faktor penting dalam meningkatkan inovasi revolusioner seperti AI dan Big Data.


4. Blockchain

Blockchain adalah database yang memungkinkan mentransfer uang dan informasi tanpa perantara. Selain itu, itu membuat catatan terkait tidak dapat diubah dan transparan. Cryptocurrency Blockchain seperti Bitcoin dan Dogecoin adalah pembicaraan yang sangat populer di kota sekarang. Ini dapat diterapkan di bidang perbankan, keuangan, media, penerbitan, dan perangkat lunak kesehatan.


5. Low Code Development Platform (LCDP)

Pendekatan baru untuk membangun aplikasi melalui antarmuka visual tanpa pengkodean dikenal sebagai Pengembangan Pengkodean Rendah. Ini memungkinkan hampir semua orang untuk mengembangkan perangkat lunak tanpa keterampilan pengkodean. Nilai global LCDP diproyeksikan menjadi $46,4 miliar pada tahun 2026 dan digunakan di lebih dari 65% layanan pengembangan perangkat lunak pada tahun 2024.


Kesimpulan

Kesimpulan dari 5 tren pengembangan perangkat lunak diatas, saya hanya bisa mengatakan bahwa pertumbuhan dan evolusi teknologi perangkat lunak tidak akan pernah berhenti. Ada banyak proses pengembangan perangkat lunak yang belum diciptakan untuk mendorong hasil yang luar biasa. Beberapa tren penting tambahan yang diyakini pengembang perangkat lunak ahli yaitu Deep Learning, Edge Computing, Software Architecture Feature Articles, dan Microservices.


Saya harap kamu terbantu dengan adanya artikel saya tentang 5 Tren Pengembangan Perangkat Lunak Teratas Untuk Tahun 2021. Jika ada keraguan, pertanyaan, atau saran, silakan komentar di bagian komentar yang telah disediakan di bawah ini. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url