Kotlin Untuk Aplikasi Server-side

Berbagai macam aplikasi sisi server, termasuk aplikasi web yang menampilkan halaman HTML, backend yang menghasilkan API untuk aplikasi seluler, dan aplikasi yang lebih kompleks seperti layanan mikro.

Semua aplikasi ini dapat dikembangkan menggunakan Kotlin. Selain memungkinkan kita untuk menulis kode yang ringkas dan ekspresif, Kotlin juga menjaga kompatibilitas dengan teknologi berbasis Java.

Dengan membangun aplikasi sisi server dengan Kotlin, Kamu mendapatkan beberapa manfaat, termasuk:

  • Expressiveness
    • Fitur Kotlin seperti pembuat tipe-aman dan properti yang didelegasikan akan membantu membangun abstraksi yang kuat dan mudah digunakan.
  • Scalability
    • Dukungan Kotlin untuk coroutines akan membantu kita. Terutama dalam membangun aplikasi server-side, yang mana dalam skala besar, namun juga menggunakan alat yang sederhana.
  • Interoperability
    • Kotlin sepenuhnya kompatibel dengan semua framework Java. Tentunya ini memungkinkan kamu untuk tetap bisa menggunakan teknologi yang ada serta mulai menggunakan bahasa yang tentunya lebih modern.
  • Migration
    • Kotlin juga mendukung proses migrasi bertahap, dari Java ke Kotlin. Kamu dapat mulai menulis kode baru dengan Kotlin tanpa memodifikasi kode Java yang sudah ada.
  • Tooling
    • Selain dukungan IDE yang kuat, Kotlin menawarkan beberapa plugin untuk kerangka kerja tertentu seperti Spring.

Kamu juga dapat menggunakan berbagai kerangka kerja untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi sisi server, seperti:

  1. Spring, spring adalah framework yang sangat populer di Java. Spring bisa digunakan pada Kotlin untuk komunikasi ke API dengan lebih ringkas. Tersedia juga Spring Initializr yang memungkinkan kita untuk membuat proyek Spring baru dengan Kotlin.
  2. Vert.x, adalah kerangka kerja untuk membuat aplikasi Web reaktif di JVM. Kamu bisa melihat repository-nya di https://github.com/vert-x3/vertx-lang-kotlin.
  3. Ktor, Ktor adalah sebuah framework yang dikembangkan oleh JetBrains untuk membuat aplikasi Web di Kotlin. Ktor memanfaatkan coroutine untuk skalabilitas tinggi dan menawarkan API yang mudah untuk digunakan.
  4. Kotlinx.html, merupakan sebuah DSL yang dapat digunakan untuk membuat HTML di aplikasi Web. Kotlinx.html sendiri dapat digunakan sebagai alternatif sistem templating tradisional, misalnya seperti JSP dan FreeMarker.
  5. Exposed, sebuah framework SQL yang menyediakan kumpulan DSL yang mudah dibaca untuk menggambarkan struktur database SQL dan melakukan kueri sepenuhnya dengan Kotlin.

Tentunya, berbagai kemudahan diberikan bersama dengan dukungan kerangka kerja yang kuat. Pengembang tidak perlu ragu lagi ketika mencoba mengimplementasikan Kotlin sebagai bahasa pemrograman untuk mengembangkan aplikasi sisi server. Kamu juga dapat mulai mencoba dengan mengikuti dokumentasi di bawah ini:

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url