Ingin Menjadi Desainer Grafis? Ini Langkah-langkahnya

Apa itu Desain Grafis?

Jika kamu tertarik untuk belajar bagaimana menjadi seorang desainer grafis, penting untuk terlebih dahulu memahami apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan desain grafis. Desain grafis adalah seni bercerita melalui komunikasi visual. Manfaatkan gambar, grafik, dan teks untuk membangun merek dan menarik audiens target kamu. Sebagai seorang desainer grafis, kamu akan dapat terlibat dalam banyak industri termasuk periklanan, hiburan, dan berita (publikasi cetak, digital, dan media penyiaran). Latih keterampilan desain grafis kamu, bangun portofolio kamu, dan pelajari lebih lanjut tentang terlibat dengan industri kreatif ini.

Apa yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Desainer Grafis

Jika kamu bercita-cita menjadi desainer grafis profesional atau berpikir untuk mengejar karir kreatif dalam desain grafis, kamu harus mempertimbangkan pelatihan, tujuan, serta latar belakang kreatif dan teknis kamu dengan cermat. Meskipun peluang karir sangat luas di industri desain grafis, penting untuk memutuskan arah mana yang ingin kamu tuju pada awal pendidikan perguruan tinggi kamu. Memilih kursus yang sesuai dan menerima kualifikasi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan desain grafis kamu akan membuat semua perbedaan begitu kamu berada di dunia kerja yang mengukir jalur karier kamu sendiri.

Cara Menjadi Desainer Grafis: Pendidikan, Pelatihan, dan Kualifikasi

Meskipun rasa kreativitas, gaya, orisinalitas, keterampilan komunikasi yang sangat baik, dan keakraban dengan grafik komputer, animasi, dan perangkat lunak desain diinginkan, merencanakan pendidikan lanjutan kamu memerlukan persiapan yang cermat, termasuk portofolio visual karya kreatif yang telah kamu kembangkan selama ini. Sekolah menengah untuk menunjukkan keterampilan desain grafis kamu. Banyak universitas merekomendasikan agar siswa menyelesaikan satu tahun kursus seni dan desain dasar selama sekolah menengah untuk mengembangkan dan mempelajari dasar-dasar seni dan desain. Sangat penting bagi siswa untuk mengetahui persyaratan khusus untuk sekolah atau universitas yang kamu lamar dan mengambil informasi sebanyak mungkin dari departemen seni sekolah menengah kamu, konselor bimbingan, dan administrasi lainnya untuk membantu kamu belajar dan memulai aplikasi proses.

Untuk sebagian besar posisi desain grafis tingkat pemula dan lanjutan, kamu memerlukan minimal gelar sarjana dari universitas terakreditasi, perguruan tinggi, atau sekolah desain swasta. Namun, jika kamu mencari gelar associate, kamu dapat memperoleh sertifikasi dari berbagai sekolah. Setelah lulus, gelar 2 tahun akan memungkinkan kamu untuk mencoba posisi tingkat asisten dalam bidang desain grafis. Bagi mereka yang sudah memiliki gelar sarjana di jurusan lain, kamu dapat menyelesaikan program 2 atau 3 tahun dalam desain grafis untuk mempelajari persyaratan teknis dan menerima sertifikasi yang diperlukan untuk mengejar karir di bidang ini. Jika kamu akan kembali ke perguruan tinggi (pendidikan lanjutan), biasanya yang terbaik adalah menghubungi kantor penerimaan dari sekolah mana pun yang kamu lamar untuk mengetahui proses aplikasi dan apa yang akan diperlukan (yaitu, sampel portofolio, transkrip, resume, dll.).

Kurikulum Kamu: Apa yang Diharapkan

Bergantung pada bidang desain grafis apa yang ingin kamu kejar, kurikulum kamu dapat mencakup desain visual situs web, seni studio, desain terkomputerisasi, grafis gerak, teknik pencetakan, produksi grafis komersial, tipografi, dan kursus serupa lainnya yang termasuk dalam seni rupa atau grafis program desain. Kursus lain mungkin berkisar pada prinsip-prinsip desain, termasuk teori desain dan mempelajari proses desain. Selain itu, pendidikan seni liberal juga akan mencakup kursus seperti sejarah seni, sosiologi, psikologi, menulis, bahasa asing/studi budaya, pemasaran, dan bisnis, antara lain. Kursus semacam itu memungkinkan calon desainer grafis menjadi lebih berpengetahuan luas dan lebih siap untuk industri mereka, yang biasanya membutuhkan banyak komunikasi dan upaya kolaboratif.

Mengikuti Tren dan Kemajuan Industri

Juga penting bahwa desainer grafis mengikuti tren industri dan kemajuan teknologi (termasuk perangkat lunak desain dan grafis komputer yang diperbarui), baik secara mandiri atau melalui program pelatihan langsung profesional. Ini adalah fakta yang diketahui bahwa selera dan preferensi konsumen berubah dengan cepat, dan untuk mengikuti tren yang selalu berfluktuasi, desainer grafis harus selalu siap dengan permainan mereka. Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan ide-ide baru, bekerja di bawah tekanan, tetap membaca dengan baik dan bahkan mengikuti mode, musik, dan isyarat budaya lainnya merupakan bagian integral untuk menjadi seorang desainer grafis yang sukses.

Ini juga bermanfaat untuk bekerja secara mandiri maupun kolaboratif, memiliki keterampilan manajemen waktu yang sangat baik, memiliki disiplin diri, mengambil inisiatif dan mematuhi tenggat waktu perusahaan dan jadwal produksi. Mempertahankan naluri bisnis yang baik dan memiliki kecenderungan untuk penjualan dan pemasaran juga merupakan atribut penting, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai desainer lepas atau menjalankan bisnis mereka sendiri. Juga bermanfaat bagi desainer grafis untuk mempertahankan keterampilan komunikasi yang baik, karena kamu akan berkolaborasi dengan begitu banyak individu yang berbeda, kamu diharapkan untuk mengomunikasikan ide-ide kamu secara ringkas melalui isyarat visual, verbal, dan tulisan.

Mengapa Mengejar Pendidikan Desain Grafis Formal?

Meskipun mungkin tampak seperti bidang yang dapat kamu masuki dengan belajar di tempat kerja atau sendiri, ada sejumlah keuntungan untuk menerima gelar sarjana kamu dalam desain grafis. Sebagai permulaan, kamu akan memenuhi syarat untuk lebih banyak pekerjaan desainer grafis, sebagian besar perusahaan bahkan tidak akan mempertimbangkan kamu untuk suatu posisi kecuali kamu memiliki beberapa bentuk gelar atau sertifikasi dalam desain grafis. Kedua, potensi penghasilan kamu meningkat secara signifikan jika kamu memiliki gelar, terkadang kamu dapat menghasilkan ribuan dolar lebih banyak daripada seorang karyawan tanpa gelar.

Juga, mereka yang memiliki sertifikasi dan pendidikan tinggi menonjol di antara rekan-rekan mereka: pemberi kerja lebih bersedia mempekerjakan mereka yang memiliki pelatihan, keahlian, dan keterampilan formal daripada seseorang yang otodidak atau kurang berpendidikan. Akhirnya, belajar di lingkungan perguruan tinggi tidak hanya akan memberi kamu keahlian dan pengalaman yang kamu butuhkan untuk karir kamu tetapi juga memungkinkan kamu untuk bekerja bersama para profesional industri, baik di dalam kampus maupun di luar lokasi (misalnya, magang selama studi kamu), dan untuk membangun portofolio desain grafis yang merangkum semua pekerjaan yang telah kamu kumpulkan dalam kursus desain kamu. Fakultas sekolah kamu memberikan tingkat pengajaran dan bimbingan pribadi yang tidak dapat kamu tiru dengan menonton kursus pelatihan online atau video YouTube. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi mereka yang tertarik untuk mengejar karir desain grafis untuk mendaftar di program sarjana.

Gaji Desainer Grafis

Gaji untuk desainer grafis dapat bervariasi berdasarkan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan desain dan pengetahuan tentang alat dan perangkat lunak desain grafis, lokasi geografis, dan jenis perusahaan. Menurut Payscale, gaji rata-rata untuk seorang Desainer Grafis adalah $47.284, tetapi gaji rata-rata ini bervariasi. Misalnya, desainer grafis yang bekerja di San Francisco memperoleh rata-rata 44,7% lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Kehidupan Setelah Wisuda: Jalur Karir dan Kemungkinan untuk Desainer Grafis

Setelah diuraikan bagaimana menjadi seorang desainer grafis, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang dapat kamu harapkan setelah lulus. Seperti yang disebutkan, ada banyak peluang karir berbeda yang dapat kamu kejar melalui jurusan ini, dan desainer grafis bekerja di berbagai industri yang membutuhkan keterampilan mereka, tetapi apa yang dapat kamu lakukan dengan gelar desain grafis? Dari biro iklan yang bekerja dengan klien, hingga peran di belakang layar yang membuat tata letak dan ilustrasi untuk merek, kemungkinan desain grafis tidak terbatas. Kamu bahkan dapat memulai bisnis kamu sendiri sebagai desainer grafis lepas jika kamu memiliki kemampuan artistik serta keterampilan komunikasi verbal dan visual. Bergantung pada keterampilan desain, kekuatan, dan bidang minat tertentu, kamu mungkin ingin mempertimbangkan opsi berikut saat merencanakan masa depan kamu:

10 Karir Teratas Untuk Individu Dengan Gelar dalam Desain Grafis:

  1. Desainer Grafis
  2. Direktur Seni/Sutradara Kreatif
  3. Desainer Komersial dan Industri
  4. Manajer Pemasaran
  5. Pakar Pemasaran
  6. Artis/Animator Multimedia
  7. Spesialis Hubungan Masyarakat
  8. Pengembang Aplikasi Perangkat Lunak
  9. Penguji Jaminan Kualitas Perangkat Lunak
  10. Pengembang Web/Desain Web

Seperti yang kamu lihat, pendidikan formal dapat membantu kamu mengembangkan dan mencapai keterampilan dan keahlian yang tepat yang dibutuhkan untuk menjelajahi beragam peluang karir profesional. Apakah kamu memilih untuk mengejar master kamu, berkarir di industri desain grafis, atau bercabang ke bidang terkait, keterampilan yang kamu peroleh hanya akan membantu meningkatkan karier kamu sambil meningkatkan potensi penghasilan dan peluang kamu untuk maju.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url