Privasi Data: Seseorang (atau Sesuatu) Selalu Mengawasi Kita

Ketakutan akan Pelanggaran Data

Topik pelanggaran privasi data semakin meningkat akhir-akhir ini setelah penggulingan Roe v. Wade oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat. Keputusan ini mengesampingkan hak konstitusional yang mengizinkan aborsi selama dua trimester pertama kehamilan. Teror pembobolan data muncul secara sporadis, warga dibuat ngeri dengan kenyataan bahwa pemerintah memiliki kemampuan untuk mengintervensi siklus menstruasi perempuan yang menunjukkan tanda-tanda kehamilan atau aborsi. Ketakutan jika data mereka dilanggar, digunakan, dan dipersenjatai terhadap diri mereka sendiri menyebabkan teror publik.

Banyak wanita Amerika telah menghapus aplikasi pelacakan siklus menstruasi yang terpasang di ponsel mereka. Banyak pakar mendorong hal ini, termasuk Elizabeth McLaughlin, pendiri Proyek Kepemimpinan Gaia. McLaughlin mentweet peringatan tentang bahaya aplikasi tersebut setelah penggulingan Roe v. Wade. Karena itu, banyak yang memutuskan untuk mencopot pemasangan aplikasi tertentu untuk bermigrasi ke opsi "lebih aman" lainnya. Opsi "lebih aman" ini mencakup aplikasi pelacak periode berbasis di Eropa, Clue, yang menjamin komitmen mereka terhadap keamanan dan privasi penggunanya.

Aplikasi Pelacakan Lokasi

Mengubah dari satu aplikasi "berbahaya" ke aplikasi "lebih aman" lainnya tidak cukup untuk melindungi data seseorang. The Times menemukan bahwa banyak perusahaan dapat mengakses data lokasi dan/atau kebiasaan perjalanan orang yang tepat dalam beberapa meter. Data ini akan dijual oleh perusahaan untuk digunakan dan dianalisis untuk tujuan periklanan. Ini adalah pasar yang memukau, industri periklanan bertarget lokasi dapat mencapai penjualan hingga $21 miliar pada tahun 2018.

Kasus nyata dari data lokasi seseorang yang dijual oleh aplikasi dengan layanan pelacakan lokasi terjadi pada Zachary McCoy yang berusia 30 tahun di Gainesville, Florida. Perampokan rumah dengan beberapa perhiasan, senilai lebih dari $2.000, dengan McCoy sebagai tersangka utama. Masalahnya adalah dia tidak melakukannya, dia adalah orang yang tidak bersalah.

Semuanya dimulai ketika polisi setempat Gainesville meminta catatan dan informasi tentang perangkat yang berada di dekat perimeter rumah selama beberapa hari perampokan menggunakan layanan Google. Dengan berjalannya penyelidikan, mereka mulai tertarik pada perangkat tertentu, McCoy. Beruntung baginya, polisi tidak mengetahui identitas pemilik perangkat sebelum mereka meminta informasi lebih lanjut kepada Google.

Sesuai dengan kebijakan Google terkait permintaan pemerintah untuk informasi pengguna, Google segera mengirimkan pemberitahuan kepada McCoy tentang masalah yang dihadapi, tanpa pengungkapan apa pun tentang seluruh kesulitan tersebut. Di dalam pemberitahuan itu ada serangkaian nomor, ketika McCoy melihat ke dalam nomor itu, dia menemukan bahwa itu adalah nomor kasus yang terkait dengan perampokan. Kemudian, dia menemukan akar kecurigaan polisi, sebuah aplikasi pelacak latihan, RunKeeper. McCoy suka bersepeda, setiap hari dia menggunakan aplikasi yang tidak berbahaya untuk melacak dan merekam perjalanan hariannya. Pada hari kejahatan, McCoy telah melewati rumah korban tiga kali dalam satu jam, rute yang biasanya dia ambil melalui lingkungannya.

Menggunakan teknologi geofence Google, lembaga kepolisian di seluruh dunia dapat memiliki akses ke data lokasi warga kapan pun mereka mau, surat perintah geofence, sebagaimana mereka menyebutnya. Surat perintah Geofence digunakan untuk membantu polisi dalam menyelesaikan berbagai kejahatan, mulai dari perampokan, penculikan, penyerangan seksual, penembakan, atau bahkan pembunuhan. Kasus McCoy adalah salah satu dari banyak kasus yang mengungkap dampak data lokasi kami terhadap keamanan dan privasi kami.

Ancaman Keamanan Cyber

Ancaman keamanan siber dianggap sangat menakutkan karena kita tidak bisa melihatnya datang. Salah satu contohnya adalah ketika kartu kredit kita hilang, kita bisa pergi ke bank dan mereka akan memblokir kartu tersebut dan mengambilkan kita yang baru. Tetapi, dalam kasus data kami diedarkan dari satu perusahaan ke perusahaan lain, kami bahkan tidak akan mengetahuinya sampai hal itu secara langsung memengaruhi kami.

Mengetahui perusahaan mana yang melacak ponsel kita tentu sulit. Aplikasi yang mengumpulkan data kami dapat dengan mudah membagikan informasi pribadi kami dengan perusahaan lain, sama seperti situasi McCoy. Biasanya, rincian masalah ini ditulis di bawah baris teks yang panjang dan mengerikan dalam kebijakan privasi perusahaan. Salah satu cara untuk mencegah perusahaan-perusahaan ini mengumpulkan data lokasi kami adalah dengan selalu waspada terhadap GPS atau layanan pelacakan lokasi yang dapat kami nonaktifkan melalui pengaturan di ponsel kami.

Namun, beberapa aplikasi masih membutuhkan kita untuk mengaktifkan pelacakan lokasi, seperti: check in menggunakan PeduliLindungi, memesan makanan menggunakan ShopeeFood, atau mencari ojek di Gojek atau Grab. Tanpa teknologi pelacakan lokasi, kita tidak dapat mengakses hal-hal yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Lalu, Apa Lagi Yang Bisa Kita Lakukan?

Dalam pembicaraan TED oleh Jaya Baloo pada tahun 2017, dia menyebutkan beberapa hal yang perlu diketahui orang tentang keamanan siber. Pertama, masyarakat perlu bangun dan menyadari pentingnya keamanan siber. Kita perlu mempraktikkan keamanan siber dalam kehidupan kita sehari-hari jika kita ingin hidup di dunia yang terhubung yang akan semakin terhubung seiring berjalannya waktu. Selanjutnya, adalah bahwa kita harus selalu waspada terhadap perubahan konstan di sekitar kita. “Segala sesuatu yang cerdas memiliki kerentanan yang melekat,” katanya pada konferensi yang diadakan di Rotterdam. Memperbarui perangkat kami secara terus-menerus adalah salah satu cara untuk mencegah peretasan yang selalu berkembang.

Terakhir, meskipun kelihatannya bermanfaat, tidak dapat disangkal bahwa dengan setiap kemajuan yang kita miliki dalam teknologi, akan selalu ada ancaman yang mengikutinya. Kita perlu menikmati teknologi dan masa depan yang terhubung dengan pengetahuan tentang bahaya yang dimilikinya. Kita juga perlu selalu mengingatkan diri kita sendiri tentang keselamatan dan keamanan saat menggunakan perangkat ini. Karena pada akhirnya, masa depan tidak dapat dihindari dan kita perlu belajar bagaimana menerimanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url