Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis

Dari toko online perusahaan Anda hingga perangkat lunak perusahaan yang digunakan bisnis Anda untuk mencatat transaksi dan mengumpulkan informasi, teknologi informasi memainkan peran penting dalam operasi sehari-hari dan kesuksesan bisnis kecil Anda. Peran Teknologi Informasi dalam bisnis tercermin dalam bagaimana hal itu dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan produktivitas, meningkatkan kinerja, menghemat uang, meningkatkan pengalaman pelanggan, menyederhanakan komunikasi, dan meningkatkan pengambilan keputusan manajemen. Ini juga berperan dalam membantu perusahaan tumbuh secara global dan dalam menyediakan akses staf ke informasi perusahaan di mana pun dan kapan pun mereka membutuhkannya.

Peningkatan Komunikasi Organisasi

Penggunaan teknologi yang penting dalam bisnis adalah untuk komunikasi melalui platform seperti perangkat lunak konferensi, email, obrolan video, intranet perusahaan dan internet pada umumnya. Teknologi Informasi memungkinkan bisnis untuk dengan mudah mengadakan pertemuan virtual dengan staf dan klien di seluruh dunia tanpa harus menghabiskan waktu dan uang untuk perjalanan. Pada saat yang sama, karyawan dapat mengakses dan berbagi informasi dan berkolaborasi dalam pekerjaan mereka di mana pun lokasinya, karyawan bahkan dapat bekerja dari jarak jauh sehingga perusahaan dapat menghemat biaya. Perusahaan juga dapat menggunakan platform seperti media sosial untuk mengatasi masalah pelanggan dengan lebih efisien.

Operasi Harian Yang Lebih Efisien

Peran lain dari Teknologi Informasi dalam bisnis adalah untuk meningkatkan efisiensi operasi sehingga perusahaan dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan murah. Ini sering terjadi dengan bantuan perangkat lunak perusahaan dan database perusahaan terpusat.

Daripada harus membuat pekerja menghitung dan memantau inventaris, perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris yang memeriksa tingkat waktu nyata, memberikan laporan yang bermanfaat kepada manajer, dan bahkan dapat memicu pesanan ketika pasokan rendah. Perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan memiliki tugas penjualan dan pemasaran umum otomatis seperti menghasilkan prospek, mengirim promosi, dan melacak metrik. Perusahaan juga dapat memanfaatkan perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan berfitur lengkap untuk memudahkan melakukan tugas akuntansi, mengelola sumber daya manusia, memantau rantai pasokan, menghasilkan faktur, dan melakukan pembelian pasokan.

Pengalaman Pelanggan Yang Lebih Baik

Teknologi Informasi juga membuatnya lebih mudah untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik melalui peningkatan layanan pelanggan, pemasaran yang disesuaikan dengan lebih mudah, dan e-commerce. Daripada hanya dapat menjangkau perusahaan selama jam kerja, pelanggan dapat dengan mudah berinteraksi dengan perusahaan di situs webnya dan melalui media sosial, email, dan layanan pesan instan khusus. Melalui pelacakan pembelian pelanggan sebelumnya dengan perangkat lunak pemasaran, perusahaan dapat mengirim promosi khusus yang lebih memenuhi kebutuhan pelanggan dan menghasilkan lebih banyak kemungkinan penjualan. Pelanggan juga mendapat manfaat dari kemampuan untuk membeli produk dan layanan dari situs web perusahaan, dan ini juga meningkatkan potensi lebih banyak pendapatan dan pertumbuhan bagi perusahaan.

Teknologi Informasi dan Pengambilan Keputusan Bisnis

Peran Teknologi Informasi dalam pengambilan keputusan manajemen terlihat pada alat-alat seperti perangkat lunak ERP dan sistem pendukung keputusan yang membantu manajer melihat data kinerja perusahaan secara real time sehingga dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Perangkat lunak tersebut menyajikan dasbor online dengan informasi tentang keuangan perusahaan, pelanggan, tren penjualan dan pemasaran, serta tingkat inventaris. Manajer dapat menggunakan data untuk memutuskan produk mana yang akan dipromosikan atau berhenti dijual, di mana harus memotong pengeluaran, pelanggan mana yang membutuhkan dukungan dan kapan harus melakukan pemesanan pasokan dan material.

Peran Bisnis Teknologi Informasi Lainnya

Contoh lain dari peran Teknologi Informasi dalam bisnis meliputi:

  • Sistem berkemampuan internet, seperti sistem entri yang aman dan kamera nirkabel, membantu meningkatkan keamanan bisnis dan mengurangi risiko pencurian dan kehilangan informasi rahasia.
  • Teknologi Informasi memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data penting perusahaan dalam database di cloud untuk mengurangi limbah kertas, meningkatkan keamanan, dan memungkinkan pencadangan yang mudah.
  • Teknologi Informasi memungkinkan perusahaan untuk berekspansi secara internasional semudah menyiapkan situs web multi-bahasa yang memasarkan ke pelanggan global dan memungkinkan pembelian dalam berbagai mata uang.
  • Perusahaan dapat menggunakan rekrutmen online untuk menemukan kandidat pekerjaan yang lebih berkualitas dan menangani sebagian besar proses perekrutan secara online.
  • Dari memungkinkan telecommuting hingga mengurangi penggunaan energi melalui sistem modern, Teknologi Informasi memiliki peran dalam keberlanjutan perusahaan yang dapat menghemat uang dan meningkatkan reputasi perusahaan.
  • Berkat Teknologi Informasi, mendapatkan informasi terbaru tentang pesaing Anda dan pasar semudah mencari Google di komputer atau ponsel cerdas Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url