Intel Akan Meluncurkan Processor 10nm + Ice Lake Terbaru

Belum lagi prosesor Coffee Lake 14nm, tetapi Intel tampaknya telah mengekspos kembali prosesor Ice Lake 10nm mendatang lainnya melalui situs resminya, yang dikatakan sebagai salah satu penerus prosesor Intel Core Generasi ke-8.

Meskipun tidak jelas ke mana prosesor akan dibawa, Intel telah mengkonfirmasi bahwa prosesor 10nm+ baru dikatakan sebagai penerus keluarga prosesor Core generasi ke-8 Intel, dan di atas semua itu, Intel dilaporkan telah mengonfirmasi bahwa prosesor tersebut adalah "pengganti". Berlaku untuk produk generasi ke-8, bukan "penerus".

Chip generasi kedelapan, lebih dikenal sebagai Coffee Lake, akan segera dirilis dan tersedia. Keberadaan Coffee Lake sendiri dipandang sebagai respon atas keberadaan prosesor AMD Ryzen yang ingin bangkit kembali dan memberikan lebih banyak core untuk pasar desktop.

Intel akan mengumumkan prosesor Coffee Lake generasi ke-8 baru, yang dibangun di atas proses 14nm++, pada 21 Agustus bertepatan dengan gerhana matahari total. Produk generasi kedelapan bisa dibilang merupakan entri terbaru Intel ke dalam periode 'optimasi' yang diperpanjang dengan setiap node proses, dengan penerapan tiga iterasi prosesnya yang memperluas Hukum Moore (seperti generasi 14nm, 14nm+, dan 14nm ++).

Ice Lake sendiri akan menampilkan proses 10nm+, sedangkan prosesor Cannon Lake akan menampilkan iterasi pertama dari proses 10nm. Dengan demikian, dua prosesor Intel terbaru mendatang juga disebut sebagai "penerus" prosesor generasi kedelapan.

Strategi tiga langkah yang sama ini akan diperluas ke proses 10nm Intel juga, tetapi Intel juga mengumumkan awal tahun ini selama hari pembuatannya bahwa prosesor baru dapat menampilkan banyak komponen dengan beberapa node proses. Taktik ini memanfaatkan skala ekonomi dan manfaat lain dari proses yang ada untuk membangun banyak komponen, seperti uncore, dengan node yang lebih lama dan lebih mapan. Dengan begitu prosesor Ice Lake akan memiliki teknologi 10nm+, serta juga menampilkan komponen lain yang dibuat dengan berbagai litografi.

Sementara itu, Intel juga dilaporkan telah menggembar-gemborkan strategi 'Data Center First' yang baru selama hari pembuatannya. Intel tampaknya perlahan tapi pasti menjauh dari praktik tradisionalnya dalam memulai proses serta arsitektur baru dengan prosesor arus utama, alih-alih memilih untuk membawa sebuah desain baru ke jajaran pusat data terlebih dahulu.

Berkaca pada dua hal tersebut, kemungkinan besar Ice Lake akan menyebar ke data center terlebih dahulu, baru kemudian disusul ke desktop. Ya, setidaknya itu yang bisa menjelaskan keberadaan dari kedua penerus prosesor kedelapan tersebut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url