4 Keunggulan Smartphone dengan Lubang Earphone

Lubang earphone 3.5mm sudah mulai hilang di smartphone masa kini, terutama di kelas flagship. Namun sebenarnya masih ada smartphone yang memiliki Lubang Earphone. Apa keunggulan-nya dibanding memasang DAC?

Pada tahun 2016 salah satu merk smartphone dengan nama buah membuat smartphone tanpa lubang earphone dan hal ini mulai diikuti oleh merk lain seiring berjalannya waktu. Namun masih banyak orang yang membutuhkan lubang earphone di smartphone-nya. Saya sendiri tidak membutuhkannya, karena saya bisa memasang DAC.

Berikut ini merupakan 4 keunggulan smartphone dengan lubang earphone:

1. Cukup Pasangkan Earphone Berkabel atau Tidak Repot

Gampang tinggal colok saja. Rata-rata orang tidak mau repot karena harus menggunakan earphone tanpa kabel/tws atau memasang DAC. Pakai earphone berkabel jika smartphone ada lubang earphone, karena tinggal pasang saja tidak perlu setting atau pairing ini dan sebagainya.

2. Kualitas Suara yang Cukup

Tidak semua orang adalah audiophile dan peduli dengan kualitas suara. Rata-rata orang pada prinsipnya berasal dari suara dan bagi mereka seburuk apapun lubang earphone smartphone, tidak peduli asal suara-nya bisa keluar. Jadi, rata-rata mereka juga memasangkan earphone yang dibeli dari konter, yang mana earphone-nya bisa mengeluarkan suara. Tidak semua lubang earphone yang disertakan dengan smartphone itu buruk. Misalnya seri LG V yang menggunakan Qiad DAC yang bagus.

3. Lebih Hemat Daya

DAC eksternal dan Bluetooth juga memiliki kelemahan yang sama, yaitu boros baterai lebih banyak, dan tidak terlalu boros untuk memasangkan earphone langsung ke lubang bawaan smartphone, karena daya rata-rata dari lubang bawaan di smartphone sangat kecil. Ini membuat rata-rata smartphone tidak kuat angkat earphone yang berat, namun membuat baterai menjadi semakin hemat (lubang earphone bawaan smartphone biasanya hanya memiliki power dibawah 50mw).

4. Ingin Mendengarkan Musik dan Bermain Game Sambil Mengisi Daya

Keduanya tidak dapat mengisi daya sambil mendengarkan musik, dibandingkan dengan menggunakan konverter atau DAC. Meskipun bisa lebih rumit, kamu harus menggunakan konverter lagi. Sementara itu, melalui jack terpisah, pengguna dapat mengisi dan memasang earphone secara bersamaan. Sebagai pengguna DAC, saya rindu bisa memutar musik sambil mengisi daya. Bukan untuk pengguna TWS dan konverter yang dapat mengisi daya secara bersamaan.

Walaupun sudah ada DAC dan earphone tanpa kabel, namun tetap saja tidak bisa menggantikan lubang di smartphone bagi sebagian orang.

Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url